androidvodic.com

Tips Mudik Lebaran Aman dengan Bawa Kendaraan Sendiri Ala Suzuki - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, JAKARTA – Menjalani perjalanan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman lebih menyenangkan jika membawa kendaraan sendiri. Selain praktis dan bisa membawa muatan lebih banyak, jam keberangkatan, rute yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Begitu juga ketika hendak transit untuk beristirahat sejenak.

Nah, di mudik Lebaran 1443 Hijriah kali ini, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) membagikan kiat mudik aman dan nyaman bagi keluarga jika mudik menggunakan mobil pribadi.

“Dalam rangka mengantisipasi arus mudik, kami mengimbau para pengendara untuk selalu waspada dan memperhatikan rambu lalu lintas. Apabila mengalami gangguan teknis di jalan, Suzuki telah menyediakan 40 Bengkel Siaga yang tersebar di berbagai titik jalur mudik yang ada di Sumatera, Jawa, dan Bali,” kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, Kamis (28/4/2022).

Berikut hal-hal yang dapat diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi sesuai saran PT SIS:

1. Cek Kelengkapan Dokumen

Sebelum melakukan perjalanan, pengemudi wajib membawa dokumen-dokumen berkendara yang lengkap dan masih berlaku, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Izin Mengemudi) A.

Baca juga: Lima Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Ala Traveloka

Kelengkapan dokumen tersebut harus selalu dibawa sebagai identitas kepemilikan kendaraan dan memastikan pengemudi sudah cukup umur serta memenuhi syarat mengendarai mobil.

2. Cek Komponen Mobil

Melakukan pemeriksaan kendaraan untuk menghindari terjadinya gangguan selama perjalanan.

Pastikan fungsi setiap komponen mobil bekerja dengan baik, seperti wiper, speedometer, lampu, sistem pengereman, radiator yang terisi cairan hingga batas maksimal, penggantian oli mesin yang dilakukan secara rutin, pemeriksaan oli transmisi, dan kondisi aki mobil.

Baca juga: Empat Tips Mudik Aman, Anda Wajib Perhatikan Kondisi Mesin hingga Tekanan Angin Ban

Selain itu, jangan lupa membawa dongkrak dan kelengkapannya, segitiga pengaman mobil, serta ban serep.

3. Pastikan Interior Mobil Berfungsi dan Bersih

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat