androidvodic.com

Pakai Hino R260, PO Sumex 97 Ramaikan Bisnis Bus Pariwisata di Lampung - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News - Perusahaan Otobus (PO) asal Sumatera, yakni PT Sumatera Express Erasindo atau PO Sumex 97 merilis armada barunya yang menggunakan sasis Hino R260 dan bodi Jetbus 3+MHD untuk meramaikan bisnis bus pariwisata di Tanah Air.

Armada baru ini tampil dengan bodi warna merah dan grafis warna biru, kuning dan putih dengan gambar burung macau scarlet pada bagian belakang.

Untuk tahap awal, PO Sumex 97 baru mengoperasikan 4 unit bus yang seluruhnya menggunakan sasis Hino R260 dengan bodi dari Karoseri Adi Putro, Malang.

Bus terbaru dengan tampilan double glass di kaca depan memiliki kapasitas 50 kursi dengan konfigurasi bangku 2–2. Untuk memanjakan penumpang, setiap bangku dilengkapi leg rest dan arm rest.

Bangku bus dilapis kulit, membuatnya tampil dengan warna senada bodi, yaitu kombinasi warna hitam dan merah buatan Rimba Kencana.

Kabin bus ini dilengkapi dengan toilet, dispenser air dengan pilihan air panas untuk digunakan membuat kopi dan teh.

Selain itu, terdapat 2 TV yang terletak di depan dan tengah untuk menemani selama perjalanan, serta bagasi yang luas untuk memuat lebih banyak barang.

Baca juga: Kiat Jadi Pengusaha Bus Pariwisata Sukses Ala Youtuber Mas Wahid

Direktur PO Sumex 97 Anjas menyampaikan, sejak awal mengelola bus pariwisata, Hino telah banyak mendukung Sumex 97.

"Kami memulai bisnis ini di luar kebiasaan banyak pengusaha, yaitu dimulai saat pandemi lalu. Mungkin banyak PO yang tidak ambil unit bus, namun kami mencoba untuk membeli unit bus Hino baru dan memasukan ke karoseri untuk memulai bisnis bus pariwisata," ungkap Anjas, Senin (3/10/2022).

Dengan tren pandemi yang sudah terkendali dan permintaan bus pariwisata yang meningkat pihaknya siap menambah armada lagi untuk memenuhi pesanan.

Baca juga: Asyik, PO Exindo 57 Sekarang Punya Bus Pariwisata dengan Bagasi Tembus

"Di akhir 2022 nanti akan rilis kembali armada bus terbaru mengunakan sasis Hino Bus RM280 Euro 4, untuk melayani kelas premium pariwisata," ujarnya.

Hino Bus RM280 sendiri memilki Wide Air Suspension, sehingga naik bus ini serasa diayun. Selain itu, suspensi udara turut meningkatkan stabilitas kendaraan dan mudah dalam perawatan.

Hino Bus RM 280 sendiri menggunakan sasis space frame yang memungkinkan desain bagasi lebih luas, karena tembus dari bagasi kiri ke kanan dengan kapasitas volume sekitar 9.000 liter.

Baca juga: PO Pandawa 87 Kini Miliki Bus Mewah Berchassis Volvo B11R Garapan Karoseri Adi Putro

"Hino sangat ok untuk menunjang bisnis pariwisata dan angkutan. Karna perawatanya yang mudah dan suku cadang yang lebih mudah di dapat, membuat bisnis kami lebih mudah. Bahkan untuk perawatan cukup menghubungi dealer terdekat dan mekanik Hino bisa datang ke garasi," tuturnya.

PO Sumex 97 memulai bisnis bus pariwisata di awal pandemi tahun 2020, dengan menggunakan 3 unit sasis Hino Bus R26 dan berkantor pusat di Metro, Lampung.

Layanan bus pariwisatanya meliputi wilayah Lampung, Pulau Sumatra, hingga ke Pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, bahkan ke Bali.

Foto : Dokumentasi PO Sumex 97.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat