androidvodic.com

Pertolongan Pertama Saat Mobil Terendam Banjir - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - Musim hujan sering menyebabkan banjir di beberapa wilayah. Para pemilik mobil perlu mewaspadai ini karena mobil berpotensi terendam banjir.

"Jangan pernah memaksakan mobil melewati jalan banjir karena berisiko mobil mogok. Cari rute alternatif atau tunggu hingga banjir surut," ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

Berikut enam tips pertolongan pertama yang dapat dilakukan jika mobil bermasalah akibat banjir:

1. Jangan Menyalakan Mesin Mobil

Hindari menyalakan mesin jika mobil mogok ketika melewati jalan banjir karena ada risiko terkena water hammer.

Termasuk ketika mobil terendam banjir saat parkir, jangan pernah menyalakan mesin untuk memindahkannya meskipun terlihat aman dari luar.

2. Lepaskan Kabel Aki

Mobil akan terhindar dari risiko korsleting alias hubungan arus listrik pendek yang bisa membuat komponen kelistrikan rusak jika melepaskan kabel dari kepala aki. Namun andai tidak memungkinkan, kabel aki mobil tidak perlu dilepas.

Baca juga: Tips Penting Mengatasi Mobil Terendam Banjir, Cermati 3 Masalah Utama Berikut

Komponen pengapian seperti busi, saringan udara, koil, alternator, serta kabel-kabel dan sambungannya rawan rusak kalau terkena banjir.

Hati-hati ketika memeriksa ECU (Electronic Control Unit) karena sangat sensitif dan berisiko mengalami kerusakan fatal.

3. Bawa Mobil ke Tempat Aman

Mobil bisa didorong ke lokasi yang lebih aman, tapi jangan paksakan kalau kondisinya berbahaya seperti arus air kuat atau banjir terlalu tinggi.

Baca juga: Ketahui Celah Air Masuk ke Transmisi Matik Bila Mobil Terendam Banjir

Sepanjang tidak mengganggu lalu lintas, parkir saja mobil di lokasi banjir dan pastikan tidak ada barang berharga tertinggal didalamnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat