androidvodic.com

Menperin: Kuartal Ketiga 2022 Pasar Kendaraan Roda Dua Tumbuh 4,15 Persen - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - Masih dilanda dengan isu kelangkaan chip semikonduktor dan sulitnya mendapatkan komponen, industri kendaraan roda dua masih tetap bisa bertumbuh pada kuartal ketiga 2022.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan penjualan kendaraan roda dua tembus 1,3 juta unit.

"Pada triwulan ketiga tahun ini jumlah penjualan kendaraan roda dua sebesar 1,365 juta, naik 4,15 persen dari periode yang sama di tahun lalu sekitar 1,31 juta unit. Ini menunjukkan bahwa ditengah kondisi sulit tapi industri otomotif tetap tumbuh, termasuk roda empat," tutur Menperin dalam acara Link and Match di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2022).

Baca juga: Dalami Industri Kendaraan Listrik, Menperin Kunjungi Pabrik Motor Listrik Viar di Semarang

Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut, secara keseluruhan industri otomotif dalam negeri tumbuh hingga 7 persen pada kuartal ketiga 2022.

Tumbuhnya market otomotif Tanah Air menunjukkan masih bergairahnya daya beli masyarakat sehingga berhasil menggerakkan berbagai industri pembuatan kendaraan, termasuk para pemasok komponen.

Baca juga: Kementerian Perindustrian Catat Jumlah Naker Industri Naik Jadi 18,64 Juta Pekerja di Tahun 2022

"Sektor-sektor otomotif selalu tumbuh. Tumbuhnya cukup sehat sekitar 7 persen, sehingga itu bisa menunjukkan adanya potensi, termasuk potensi industri kecil untuk memperlebar sayapnya," jelas Agus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat