androidvodic.com

Libur Panjang Akhir Tahun, Cek AC Mobil Sebelum Memulai Perjalanan Jauh - News

Persiapan Libur Akhir Tahun, Pastikan Cek Komponen Ini Sebelum Memulai Perjalanan

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani 

News, JAKARTA - Menjelang libur akhir tahun, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan, perlu mempersiapkan kendaraan agar benar-benar prima terutma untuk menempuh perjalanan jauh bersama keluarga.

Salah satu komponen yang perlu dilakukan pengecekan awal adalah AC.

Sistem AC di kendaraan yang baik dan awet, tak lepas dari perawatan berkala. Kurang diperhatikan, menyebabkan sistem AC bisa terganggu. 

Kepala Bengkel Denso Service Station Catur Manunggal Perdana Mandiri Tri Mulyadi, mengatakan komponen AC yang vital adalah kompresor AC, jika sudah habis umur pakai dan kurang terawat, biaya penggatiannya cukup besar.

"Selain perawatan berkala, ada kebiasaan yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengurangi beban berat kompresor AC agar bisa lebih awet," tutur pria yang akrab disapa Didik tersebut.

Didik menjelaskan, dalam perjalanan jauh menggunakan trek tol yang panjang misalnya, tidak perlu setel suhu AC terlalu dingin maksimal, ini yang membebani kompresor untuk bekerja keras.

"Untuk mobil dengan sistem AC double blower, walaupun tidak ada penumpang di baris belakang, sebaiknya sistem AC di bagian kabin tengah tetap dinyalakan. Alasannya agar target suhu sejuk yang diinginkan lebih cepat tercapai, serta sirkulasi udara dalam kabin lebih rata," ungkapnya.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda AC Mobil Minta Segera Diservis

Lebih cepatnya target suhu dingin di mobil tercapai, kerja kompresor lebih ringan dan tak membebani mesin. 

Tips selanjutnya adalah mempercepat udara sejuk tercapai saat mobil terparkir di luar ruangan ketika panas terik.

Baca juga: Enam Cara Mudah Lakukan Perawatan AC Mobil Secara Mandiri

"Buka sebagian kaca mobil, lantas nyalakan sistem AC sekitar 2-3 menit sebelum mobil dikendarai, agar uap panas segera bersirkulasi, ini membantu mempercepat waktu pendinginan suhu kabin, sehingga kerja kompresor pun lebih ringan," jelas Didik. 
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat