androidvodic.com

Terdapat Masalah Kabel Pengisian Daya Hingga Berpotensi Kebakaran, VW Akan Tarik 1.000 Unit SUV ID.4 - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, BERLIN – Volkswagen (VW) menyampaikan pihaknya berencana menarik kembali SUV listrik ID.4 terkait masalah keamanan.

Dikutip dari Autoblog, pabrikan mobil asal Jerman tersebut akan menarik kembali 1.000 unit SUV listrik ID.4 secara global karena adanya masalah pada kabel pengisi daya untuk baterai 12 volt.

Penarikan tersebut rencananya akan dimulai pada Februari 2023.

Baca juga: VW Sematkan Chip Qualcomm untuk Mobil Otonom Level 4 Buatanya

Kabel tersebut dilaporkan saling bergesekan dengan kolom kemudi SUV listrik ID.4 dan akhirnya menjadi aus. Kondisi ini, berpotensi menyebabkan korsleting dan dapat memicu kebakaran.

Dalam sebuah pernyataan, Volkswagen mengatakan penarikan kembali SUV listrik ID.4 berlaku untuk versi penggerak roda belakang motor tunggal.

Adapun Volkswagen mengakui bahwa mereka salah dalam memetakan kabel tersebut untuk menghindari kontak dengan kolom kemudi.

Pabrikan mobil juga menyarankan setiap pemilik SUV listrik ID.4 untuk memarkirkan kendaraannya di tempat terbuka apabila terjadi korsleting dan kebakaran.

Selain memicu kebakaran, korsleting juga dapat mengakibatkan hilangnya tenaga kendaraan, yang merupakan masalah keamanan tambahan.

Hingga saat ini, VW tidak menemukan adanya laporan mengenai pemilik SUV listrik ID.4 yang menjadi korban kebakaran akibat korsleting tersebut.

Terakhir, perusahaan juga meminta pemilik SUV listrik ID.4 untuk melapor kepada Badan Keselamatan Jalan Raya AS (NHTSA) apabila terjadi insiden yang membahayakan nyawa terkait masalah tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat