androidvodic.com

Ikuti Langkah Tesla, Ford Tebar Diskon, Harga Mobil Mustang Mach-E Dipangkas Rp 88 Juta - News

Laporan Wartawan News, Namira Yunia Lestanti

News, MICHIGAN – Raksasa otomotif asal Amerika Ford Motor tengah menebar diskon besar – besaran untuk para pembeli yang berminat memesan kendaraan crossover listrik yakni Mustang Mach-E.

Dalam pengumumannya yang dirilis perusahaan, harga pemesanan SUV listrik itu kini resmi di pangkas sebanyak 5.900 dolar AS atau sekitar Rp 88 juta (satuan kurs Rp14,985) per unit kendaraan.

Denga adanya potongan diskon tersebut, Mach-E yang menjadi mobil EV terlaris kedua di AS ini dibanderol sekitar Rp 503 juta. Lebih murah bila dibandingkan dengan harga Mach-E di tahun sebelumnya yang dijual seharga Rp 591 juta.

Baca juga: Toyota Siapkan Strategi untuk Tetap Tumbuh di 2023, Bakal Tambah Negara Tujuan Ekspor di Afrika

Seperti yang dikutip dari Reuters, pemberian diskon dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan permintaan serta mendorong lonjakan penjualan Mach-E sehingga perusahaan dapat membukukan kenaikan laba di sepanjang 2023.

Langkah ini diambil Ford mengikuti pesaingnya yakni Tesla Inc yang belakangan melakukan pemangkasan harga pada kendaraan listrik Model Y Tesla sebesar 19 persen atau 13.000 dolar AS pada awal bulan kemarin.

“Ford baru saja memotong harga Mustang EV sebagai tanggapan atas pemotongan harga Tesla. Hal ini dapat berpotensi memicu perang harga pada pasar EV di AS ”kata Dan Ives, seorang analis di Wedbush Securities, di Twitter.

Selain itu, pemangkasan juga dimaksudkan agar Ford dapat memenuhi syarat kredit pajak EV di federal AS. Dengan begini perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan menjadi 130.000 kendaraan dari 78.000 pada tahun 2022. Sehingga Ford dapat meraup keuntungan dari kredit pajak kendaraan listrik yang diberikan pemerintah AS baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

“Kami ingin tetap kompetitif di pasar dengan menghasilkan banyak uang. Jangan salah paham, kami benar-benar ingin menghasilkan uang, untuk menutup kerugian” kata Marin Gjaja, kepala pelanggan bisnis kendaraan listrik Ford saat pertemuan pers pada Senin (30/1/2023).

Baca juga: Terdampak Krisis Rantai Pasok Global, Honda Tangguhkan Sementara Pesanan Civic Tipe R di Jepang

Selain memberikan diskon pada pembelian kendaraan Mach-E, Ford juga turut memotong harga untuk pembelian baterai listrik jarak jauh sebesar 19 persen atau sekitar 600 dolar AS hingga 900 dolar AS tergantung daya baterai.

Gjaja menambah, nantinya semua diskon kendaraan Mustang Mach-E akan diberikan kepada para pembeli di pasar Amerika per 30 Januari sampai 3 April 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat