androidvodic.com

Sama-sama Classy Yamaha, Ini Perbedaan Skutik Grand Filano Hybrid Connected dengan Fazzio - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Yamaha sejak awal 2022 merilis kategori sepeda motor baru di lini motor skutik dengan menghadirkan Classy Yamaha. Model pertama yang dirilis adalah Fazzio, skutik 125 cc dengan mesin Blue Core.

Setahun kemudian, Yamaha merilis Grand Filano Hybrid Connected yang kemudian mendapat respon positif pasar. Seperti Fazzio, Grand Filano juga mengusung mesin Blue Core berkapasitas 125 cc.

Sama-sama bermain di segmen skutik berdesain klasik, apakah keduanya tidak akan saling bermain di segmen market yang sama?

Baca juga: Kantongi NIK dari Kemenperin, Skutik Listrik Davigo Jalani Uji Tipe agar Legal di Jalan Raya

Menurut Yamaha, keduanya menyasar segmen berbeda jika dilihat dari usia pemakainya.

"Fazzio lebih menyasar ke pengguna anak muda, skutik ini seperti kanvas putih, cocok untuk anak muda yang suka modifikasi skutik," ujar Agung Sudrajat Team Coordinator, Yamaha Institute di acara diskusi bedah teknologi Yamaha Grand Filano Hybrid Connected di Yamaha DDS Cempaka Putih, Jakarta, Senin, 13 Februari 2023.

Sementara, Grand Filano Hybrid Connected menyasar ke kelompok pengguna yang lebih mature, dengan gaya hidup lebih berkelas. "Grand Filano ini high class scooter for modern lifestyle," ungkap Agung.

Karena menyasar segmen pengguna yang lebih mapan, Grand Filano mendapatkan fitur dan teknologi lebih banyak ketimbang Fazzio.

Hal itu membuat harganya memiliki selisih Rp 5 juta lebih mahal ketimbang Fazzio.

Agung menjelaskan, Fazzio memiliki platform yang berbeda dari Grand Filano. Tribunnews membuktikan sendiri saat dilakukan bedah desain rangka dan mesin Grand Filano yang dibandingkan langsung dengan rangka Fazzio.

Grand Filano Hybrid Connected
Sama seperti Yamaha Fazzio, Grand Filano dibekali mesin Blue Core berkapasitas 125 cc.

Desain Grand Filano dirancang lebih bongsor, lebih lebar di bagian pinggulnya yang posisinya tepat di jok bagian belakang.

Grand Filano menempatkan tangki bahan bakar di bawah lantai pijakan kaki pengemudi, sehingga untuk mengisi BBM pengemudi tidak perlu membuka jok.

Baca juga: Skutik Vario 160 Livery Repsol Honda Team Mencuri Perhatian di Paddock Sirkuit Mandalika

Sementara Fazzio menempatkan tangki bahan bakar di bawah jok penumpang belakang dan saat mengisi BBM masih harus membuka jok.

Ruang bagasi Grand Filano juga terasa lebih seamless, lega dan dalam ketimbang Fazzio sehingga bisa menampung barang bawaan lebih banyak, termasuk membawa helm dan barang bawaan lain.

Bagasi Grand Filano
Bagasi Grand Filano Hybrid Connected. Aki ditempatkan di bawah bagasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat