androidvodic.com

Delapan Komponen Mobil Ini Wajib Diperiksa Sebelum Berangkat Mudik - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Lebaran sebentar lagi, persiapan mudik juga harus dilakukan secara matang, terlebih untuk Tribunners yang akan pulang kampung menggunakan mobil.

Agar mudik berjalan lancar, perlu dilakukan berbagai pengecekan pada mobil. Pengecekan berbagai komponen mobil juga bisa dilakukan secara mandiri.

Dealer Toyota Auto2000 membagikan cara yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk melakukan pengecekan komponen secara mandiri.

Baca juga: Lebaran, Permintaan Rental Mobil Naik 40 Persen

1. Cek Ban Mobil

Ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan, sehingga wajib diperhatikan kondisinya.

Pastikan ban dalam kondisi siap pakai, seperti telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol dan tekanan angin terjaga.

2. Oli Mobil

Periksa kondisi semua oli pada mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan. Oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen bergerak pada mesin dan sistem penggerak lainnya.

3. Filter Mobil

Periksa kondisi saringan atau filter pada mobil, seperti filter oli, filter udara, filter bensin, termasuk filter kabin atau filter AC yang sering terlupakan.

Peran filter tidak bisa dianggap sepele karena berfungsi sebagai penyaring kotoran yang mengganggu.

Dampak buruk filter tidak diganti seperti oli, bensin dan udara yang terkontaminasi kotoran sehingga mengganggu kerja mesin.

4. Sistem Suspensi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat