androidvodic.com

Antisipasi Serangan Panas, Delapan Tips Ini Bisa Bikin Mobil Tetap Prima - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Adanya fenomena El Nino atau pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah, membuat beberapa wilayah di Kawasan ASEAN mengalami peningkatan suhu, yang membuat semakin panas.

Bagi pemilik mobil, situasi ini tentu membawa tantangan, dimana suhu pada kendaraan juga akan mengalami kenaikan, seiring dengan suhu udara sekitar.

Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, mengatakan serangan hawa panas dikhawatirkan dapat mengganggu performa kendaraan, terlebih bagi yang baru saja melakukan perjalanan mudik Lebaran yang berat.

Baca juga: Ketika Ancaman El Nino Berdampak Naiknya Harga Pangan, Klaim Gagal Panen hingga Inflasi Nasional

"Oleh karena itu, perhatikan kondisi komponen mobil supaya dapat bertahan di tengah suhu udara panas untuk menunjang mobilitas," tutur Tara, Selasa (23/5/2023).

Ada delapan tips yang dapat dilakukan untuk merawat mobil di tengah serangan hawa panas guna mencegah dampak buruknya, diantaranya:

1. Periksa Komponen Pendingin Mesin

Dalam beroperasi, mesin membutuhkan sistem pendingin yang baik supaya dapat bekerja dengan optimal dan tahan lama.

Suhu mesin yang terlalu tinggi akan membuat kinerjanya turun, bahkan dapat memicu overheat yang berbahaya kalau dibiarkan karena akan membuat mesin jebol.

Serangan hawa panas membuat suhu lingkungan semakin tinggi dan membuat proses pendinginan mesin semakin berat.

Khususnya ketika tidak ada hembusan udara dingin dari depan saat jalan macet. Solusinya, pastikan sistem pendingin mesin berfungsi optimal.

Baca juga: Ketika Ancaman El Nino Berdampak Naiknya Harga Pangan, Klaim Gagal Panen hingga Inflasi Nasional

Mulai dari memeriksa volume cairan pendingin, pastikan tidak ada kebocoran, tutup radiator aman dan kipas pendingin bekerja dengan baik.

2. Cek Kondisi Oli Mesin

Fungsi lain dari oli adalah menyerap panas dari mesin dan melepaskannya ke bak penampungan oli. Selain itu, kerja komponen mesin juga akan semakin berat karena suhu mesin yang meningkat sehingga membutuhkan pelumas yang prima. Pastikan oli mesin dalam kondisi terbaik dengan menggantinya secara berkala.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat