androidvodic.com

UD Trucks Pindah Produksi ke Indonesia, Kemenperin Kawal Peningkatan TKDN - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berhasil mendapat komitmen investasi baru dari pabrikan otomotif di Jepang dalam kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu.

UD Trucks, produsen truk Quester akan memindahkan fasilitas produksinya dari Thailand ke Indonesia.

Fasilitas baru ini akan mulai produksi pada 2024 dengan kapasitas produksinya mencapai 1.600 unit per-tahun.

Menperin menyampaikan, dari poin yang disampaikan pimpinan Isuzu saat pertemuan di Tokyo, mereka yang mengangkat soal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau komponen lokal.

Baca juga: Menperin Agus Gumiwang: Bukan Isuzu yang Pindah Fasilitas Produksi ke Indonesia Tetapi UD Trucks

"Memang semua perusahaan otomotif di Jepang, dari begitu banyak isu yang harus kami sampaikan, salah satu yang konsisten kami sampaikan adalah mereka perlu untuk memperluas pendalaman struktur di Indonesia, itu bisa disebut localization, komponen lokal atau TKDN dan mereka paham sekali," tutur Agus dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Dengan investasi baru yang akan dilakukan UD Trucks, Kemenperin akan mengawal perusahaan agar dapat meningkatkan TKDN, termasuk membantu menemukan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang tepat untuk menyuplai keperluan produksi.

Bukan hanya UD Trucks, Kemenperin juga akan mengawal berbagai produsen truk lain agar meningkatkan TKDN, sebab nilai TKDN truk masih terbilang kecil dibandingkan mobil penumpang.

Saat ini, rata-rata nilai TKDN kendaraan penumpang roda empat sudah mencapai lebih dari 60 persen.

"Itu akan terus menerus kita kawal untuk nilai TKDN dari truk. Memang truk nilai TKDN belum setinggi mobil, tetapi akan terus kami dorong agar semakin tinggi," jelas Menperin.

Dengan pembukaan fasilitas produksi baru UD Trucks di Indonesia, diprediksi akan menyerap tenaga kerja sebanyak 100-150 orang.

Mulai Produksi 2024

UD Trucks akan memindahkan fasilitas produksi yang berada di Thailand ke Indonesia. Rencananya, fasilitas produksi tersebut akan menempati line up production Isuzu Karawang Plant.

Isuzu Karawang Plant saat ini terletak di Jl. Surya Utama Kav 1 Blok DEIJ No.66, Mulyasari, Kec. Ciampel, Karawang, Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat