androidvodic.com

Tips Berkendara Mobil Pribadi ke Luar Kota untuk Rayakan Libur Sekolah - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Libur sekolah menjadi waktu yang tepat untuk membawa keluarga melancong ke tempat wisata bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Bepergian menggunakan mobil pribadi tentu menjadi pilihan, terlebih akan lebih fleksibel dalam mengatur waktu perjalanan.

Yang paling utama adalah memperhatikan faktor keselamatan dan kenyamanan, sehingga dapat melakukan perjalanan tanpa adanya hambatan.

Deputy Head of Original Equipment (OE) Sales, Bridgestone Indonesia Fisa Rizqiano, mengatakan keselamatan menjadi faktor penentu kelancaran bagi pengemudi yang menggunakan mobil pribadi saat bepergian, khususnya yang akan menempuh perjalanan jarak jauh.

"Untuk itu, kami mengajak seluruh pengguna mobil pribadi agar melakukan pengecekan ban secara berkala mobil supaya aman, karena kondisi ban yang prima juga mengurangi potensi masalah saat melakukan perjalanan jarak jauh," tutur Fisa, Rabu (28/6/2023).

Untuk memastikan kondisi ban tetap prima selama perjalanan, berikut hal-hal penting tentang ban kendaraan yang perlu diperhatikan pengendara mobil menjelang perjalanan wisata di libur sekolah dan libur Idul Adha.

1. Ban Aus

Ban secara alami akan aus jika semakin sering dikemudikan dan ban yang aus memberikan traksi yang berkurang dibandingkan ban dengan tapak yang memadai, terutama dalam kondisi cuaca buruk.

Baca juga: Begini Tanda-Tanda Kompresor AC Mobil Harus Segera Diganti dengan yang Baru

Jika batas Tire Wear Indicator (TWI) sudah terlihat, hal ini menujukkan bahwa kedalaman tapak ban yang tersisa sama dengan atau lebih rendah dari 1,6 mm dan menandakan bahwa ban tersebut sudah harus diganti.

2. Perhatikan Jalan

Menabrak trotoar atau mengemudi di jalan yang kondisinya buruk seperti misalnya jalan berlubang atau jalan tidak beraspal, dapat menyebabkan ketidakselarasan roda.

Hal ini juga dapat berpotensi sistem kerja suspensi kendaraan yang berlebih, sehingga berdampak pada keausan ban.

Baca juga: Bisa Picu Baret, Ini Tanda Wiper Mobil Wajib Diganti

Demikian juga berkendara dalam kondisi cuaca buruk dapat menyebabkan ban lebih cepat aus karena harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan traksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat