androidvodic.com

Brand China Great Wall Siap Mendebut di GIIAS 2023, Ini 2 Raksasa Otomotif yang Memboyongnya - News

News, JAKARTA - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan dibanjiri sejumlah brand otomotif roda empat terbaru yang akan masuk Indonesia. Beberapa diantaranya akan datang dari negeri panda, China.

Satu dari beberapa brand tersebut adalah Great Wall. Brand otomotif Great Wall akan masuk ke Indonesia dan diperkenalkan perdana di GIIAS 2023 oleh Indomobil Group bekerja sama dengan perusahaan distributor otomotif global Inchcape.

Inchcape Plc. sendiri sudah menjalin kemtraan strategis global dengan Great Wall Motor Company Limited (GWM). Di China, GWM atay Great Wall merupakan sebuah perusahaan mobil swasta terkemuka.

Indonesia disebut sebagai pasar pertama Inchcape di mana Inchcape dan GWM telah menandatangani Perjanjian Distribusi.

Lewat perjanjian ini, Inchcape akan memberikan GWM kapabilitas distribusi yang unggul dan ini merupakan pasar pertama di mana Inchcape akan memasarkan sebuah merek yang utamanya menawarkan kendaraan energi baru.

Termasuk dalam bagian Perjanjian Distribusi di Indonesia adalah kendaraan merek GWM yang mencakup Haval, Ora dan Tank.

Inchcape akan menjalankan distibusi ini melalui sebuah usaha patungan (joint-venture) dengan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk yang sebelumnya telah memiliki kerjasama yang kuat dengan Inchcape dalam hal distribusi kendaraan di Indonesia.

Di bisnis patungan ini, Inchcape memegang 70 persen saham dan Indomobil memegang 30 persen saham. Kerjasama Inchcape dan GWM tidak hanya untuk penjualan kendaraan baru tapi juga mobil bekas dan pembiayaan kendaraan.

Great Wall saat ini menjadi salah satu pemain kuat di bisnis kendaraan listrik berbasis baterai dan kendaraan hybrid.

Baca juga: 50 Unit Kendaraan Listrik Akan Dites Melewati Water Track GIIAS 2023

Clyde Cheng, Presiden Great Wall Motor ASEAN mengatakan Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara.

"Indonesia memegang peran penting dalam strategi GWM di ASEAN. Kami sangat antusias untuk menjalin kemitraan dengan Inchcape, bergandengan tangan untuk menjangkau pasar Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Sabtu, 8 Juli 2023.

Dia mengatakan, GWM sedang melakukan transformasi untuk menjadi perusahaan global yang berfokus pada teknologi energi baru yang pintar (new energy intelligent technologies), dan kendaraan energi baru sudah dipasarkan di 170 negara dan wilayah.

"Dengan kemampuan ekspansi pasar dan praktik penjualan Inchcape yang sangat baik, kami yakin akan prospek pasar Indonesia," ujarnya.

Baca juga: SUV Baru Mitsubishi Siap Mendebut di GIIAS 2023, Konsumen Minta Fitur Panoramic Sunroof

Ruslan Kinebas, CEO Inchcape Asia-Pasifik menambahkan, kemitraan strategis global Inchcape dengan GWM, dan usaha patungan dengan Indomobil untuk mendistribusikan kendaraan energi baru GWM diharapkan dapat mempercepat kinerja GWM, dan menegaskan kembali komitmen Inchcape untuk memberdayakan mobilitas yang lebih baik di Indonesia.

"GWM memiliki portofolio Kendaraan Listrik yang baik, yang akan mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong populasi Kendaraan Listrik di Indonesia. Keahlian kami di industri otomotif lokal akan memberikan dampak positif pada distribusi dan pengenalan kendaraan energi baru GWM di Indonesia," ungkap Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat