androidvodic.com

Mobil Pabrikan China Banyak Masuk Indonesia, Menko Airlangga: Harganya Terjangkau - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 telah dibuka. Setidaknya ada empat mobil pabrikan China yang dipamerkan dalam GIIAS 2023.

Merek mobil yang berasal dari negeri tirai bambu itu meliputi Haval, Ora, Tank, dan Neta.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan, kehadiran mobil dari China itu dinilai tak masalah.

Baca juga: Mitsubishi FUSO Luncurkan Canter Bus Terbaru di GIIAS 2023, Diklaim Miliki Kabin Lebih Luas dan Aman

Terlebih, masuknya mobil-mobil dari China itu melalui pola perakitan berlanjut atau Completely Knock Down. Sehingga diharapkan meningkatkan persaingan di dalam negeri.

"Ini sebagian besar akan masuk dengan pola Completely Knock Down (CKD). Dan tentu diharapkan meningkatkan persaingan," ujar Menko Airlangga di ICE BSD Tangerang, Kamis (10/8/2023).

Di sisi lain, Menko Airlangga menegaskan, deretan mobil listrik (electric vehicle/EV) dari China itu justru memiliki harga yang terjangkau.

"Tentu kita lihat, EV nya banyak yang masuk dan harganya terjangkau," jelasnya.

Asal tahu saja, tahun ini GIIAS menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang yakni Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus.

Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling.

Lima merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks.

Serta 15 merek dari kendaraan roda dua meliputi Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga akan unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat