androidvodic.com

Mobil untuk Ajang Balap Butuh Banget Kaca Film, Begini Penjelasannya - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, apakah mobil yang berlaga di dunia balap mobil seperti balapan di Sirkuit Sentul juga membutuhkan kaca film saat kendaraannya dipakai race?

Jawabannya ternyata dibutuhkan banget. Direktur Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar mengatakan, pemakaian kaca film dibutuhkan untuk meredam cuaca panas saat race agar tidak menembus sampai ke kabin.

"Kita pakai kaca film tipe clear untuk balapan. Kaca film sangat membantu kami untuk mengatasi panas saat balapan siang sementara kita tidak menggunakan AC," kata Alvin Bahar di acara talkshow di booth kaca film Wincos di pameran GIIAS 2023, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Baca juga: Pameran GIIAS 2023 Datangkan 462.291 Pengunjung, Terbanyak di 17 Agustus

Alvin Bahar menjelaskan, di ajang balapan tidak boleh ada tambahan coooing system. "Maka itu kita atasi untuk memjrunkan panas dengan menggunakan kaca film. Kita sudah pakai kaca film untuk tim balap kita sejak lama. Kami berterima kasih atas kerjasama dan dukungan Wincos di tim balap kami," imbuh Alvin Bahar.

Pebalap Kejurnas 3 Wanita Keizha Venda di tim Honda Racing Indonesia mengatakan pemakaian kaca film sangat membantunya agar tetap fokus pada race saat balapan berlangsung.

"Kita saat balapan biasanya mulai dari pagi sampai malam. Saat heat 2 stamina mulai menurun selain karena faktor cuaca panas juga. Saya pakai Wincos ini karena bisa menahan panas dari luar tapi tetap jernih. Apalagi setiap seri yang saya ikuti memiliki karakter berbeda," ujarnya.

Dia mencontohkan, pada seri 4 yang berlangsung di Cianjur, karakter treknya high speed. "Ketika sampai titik kan mobil harus muter untuk slalom. Kaca film yang jernih membantu saya menjaga konsentrasi," imbuhnya.

Presiden Direktur PT Lintec Jakarta Arai san mengatakan, perusahaannya sejak beberapa tahun lalu mensponsori tim balap Honda Racing Indonesia.

"Secara prinsip Honda Racing Indonesia sangat bersemangat memajukan olahraga balap Indonesia begitu juga dengan Wincos. Bagi Wincos ini sekaligus agar kaca film kami semakin dikenal masyarakat.
Wincos sudah sponsori tim Honda sejak 2020," ungkap Arai san.

Dia menambahkan, banyak masukan positif dari balap mobil yang didapatkan perusahaannnya untuk kemudian secara internal digunakan untuk bahan riset dan pengembangan produk.

Baca juga: Ini Penampakan Mobil-Mobil Listrik Murah di GIIAS 2023, Harga di Bawah Rp 400 Juta

Dia mengatakan, kaca film Wincos menggunakan material lem perekat pada kaca mobil yang sangat jernih, dan ketika dipasang pada kaca mobil akan tetap jernih. "Coating pada lapisan kaca film Wincos menghasilkan visibilitas yang sangat jernih," ujarnya.

Di pasar kaca film Indonesia, Wincos menguasai market share di bawah 5 persen dan pihaknya menargetkan kenaikan market share menjadi 20 persen dalam 5 tahun ke depan.

"Saat ini kaca film Wincos sudah digunakan pada 7 model kendaraan Honda yang dipasarkan di Indonesia. Wincos masih diproduksi di Jepang dan di Jepang saat ini menguasai 80 persen pasar kaca film," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat