androidvodic.com

Kenali Warna Asap Kendaraan untuk Lolos Uji Emisi, Hitam dan Putih, Ini Artinya - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Polusi menjadi bahasan hangat akhir-akhir ini. Hal ini membuat warna langit Kota Jakarta menjadi tidak cerah dan berwarna kelabu.

Banyak yang beranggapan penyebab utama dari polusi berasal dari kendaraan bermotor, sehingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan razia kendaraan dengan uji emisi.

"Tidak usah khawatir, jika selama ini motor anda rutin dirawat di bengkel resmi dipastikan uji emisi akan baik. Rutin melakukan service memiliki banyak keuntungan mulai dari kondisi motor tetap prima dan juga ikut menekan polusi udara," tutur Head of Technical Service Department Wahana Benedictus F. Maharanto, Jumat (1/9/2023).

Baca juga: Diterapkan Hari Ini, Simak Teknis Tilang Uji Emisi hingga Sebaran Titik Razianya

Menghindari kepanikan tidak lolos uji emisi, tim Technical Training Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) berikan beberapa tips menarik terkait asap kendaraan.

Tim Senior Training Analyst Wahana Wahyu Budhi, menyampaikan secara umum hasil pembakaran yang dikeluarkan lewat knalpot terlihat ada dua warna yaitu asap putih dan hitam.

Asap putih atau hitam menandakan adanya masalah teknis bagian mesin motor apalagi jika motor yang digunakan dengan tipe 4 stroke.

Sistem 4 stroke adalah mesin yang memang didesain untuk lebih ramah lingkungan dengan menghilangkan asap pembuangan mesin.

1. Asap Putih

Asap putih knalpot lumrah jika dihasilkan dari mesin pembakaran 2 stroke, jika dari mesin 4 Stroke kemungkinan ada beberapa komponen yang bermasalah.

Wahyu menjelaskan, ada beberapa penyebab munculnya asap putih seperti silinder comp atau liner mesin yang sudah aus akibat pergerakan piston yang bergesekan terus menerus pada saat motor hidup.

"Kebocoran seal katup, kebocoran ini sering terjadi jika seal katup yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara di ruang pembakaran mesin bocor sehingga oli dapat masuk ke dalam manifold," ungkapnya.

Masih biang keladi asap putih lainnya adalah pembengkokan katup klep, sehingga posisinya tidak dapat diatur dan terjadi kelonggaran.

Celah longgar inilah yang menyebabkan oli mudah masuk ke ruang bakar. Kemungkinan terakhir jauh dari masalah teknis mesin, yaitu penggunaan jenis knalpot khususnya racing agar dapat bertahan dari suhu panas maka disemprotkan oli, sehingga hasilkan pembakaran dalam knalpot.

2. Asap Hitam

Sama dengan diatas, mesin dengan tipe 4 stroke tidaklah mengeluarkan asap berwarna apalagi hitam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat