androidvodic.com

Toyota Indonesia Berhasil Ekspor 2,5 Unit Kendaraan T-Brand ke 100 Negara - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Sejak 1987 hingga saat ini, Toyota Indonesia berhasil mengekspor sebanyak 2.520.754 unit kendaraan T-brand hampir ke 100 negara di berbagai wilayah belahan dunia.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, menyatakan keberhasilan produk berteknologi tinggi industri otomotif nasional tidak dapat diraih tanpa kekuatan rantai pasok yang terdiri dari ribuan perusahaan supply chain dari hulu hingga hilir yang menjadi sumber penghidupan lebih dari 300.000 karyawan di dalamnya.

Baca juga: Miliki 50 Tempat Isi Daya, Toyota Terus Bangun Fasilitas Charging Mobil Listrik

"Peran industri otomotif nasional sebagai industri padat karya menjadi begitu penting. Selain itu, pencapaian ekspor industri otomotif nasional merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia yang kedepannya dapat terus berkembang dan meningkat kontribusinya bagi neraca dagang Pemerintah," tutur Bob, Rabu (18/10/2023).

Jalan ekspor pertama Toyota Indonesia dimulai dengan produk Kijang generasi ketiga yang dikirim secara tradisional menggunakan tali pengait dan dikapalkan ke Brunei Darussalam dan beberapa negara di kawasan Asia Pasifik pada 1987.

Selain itu, Toyota juga melakukan ekspor kendaraan secara utuh dan juga dalam bentuk terurai (CKD), ekspor mesin, komponen dan alat pendukung produksi (dies and jigs).

Selain itu, sejak tahun 2019 kendaraan konversi seperti cash carrier, well-cab dan patrol car juga diekspor oleh Toyota Indonesia ke mancanegara.

Tepat pada tahun 2022, Toyota Indonesia menjadi negara pertama yang membuka keran ekspor ke Australia.

Di tahun ini juga menjadi momen yang menandai keberhasilan dan perjuangan SDM Indonesia berdaya saing yang berhasil memproduksi Kijang Innova Generasi 7 Zenix dengan varian ICE dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan menggunakan baterai yang dirakit secara lokal.

Sebagai ekspor produk otomotif berteknologi tinggi, Kijang Innova Zenix memperoleh respon positif dari konsumen global dan berhasil diekspor hingga ke Kawasan Asia, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

Baca juga: Toyota Umumkan 15 Besar Kompetisi Desain Rangga Concept, Bisa Jadi Toilet Difabel Hingga Campervan

Selanjutnya, di tahun 2023 Toyota Indonesia kembali meluncurkan Yaris Cross sebagai kendaraan HEV kedua yang diproduksi oleh anak bangsa dari pabrik TMMIN di Karawang.

"Ini menunjukkan kekuatan SDM nasional yang tidak hanya unggul dalam bentuk populasi saja, namun juga berdaya saing tinggi karena berhasil menghasilkan produk-produk otomotif berteknologi tinggi ke pasar global," terang Bob.

Sepanjang Januari-September 2023 berdasarkan data Gaikindo, Toyota Indonesia mencatatkan pencapaian ekspor sebesar 213.901 unit.

Pencapaian ini naik 2,5 persen dengan performa ekspor di periode yang sama di tahun 2022 (208.775 unit).

Terkini Lainnya

  • Sejak 1987 hingga saat ini, Toyota Indonesia berhasil mengekspor sebanyak 2.520.754 unit kendaraan T-brand hampir ke 100 negara

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat