androidvodic.com

Bamsoet Apresiasi Keberhasilan EHang Raih Type Certificate eVTOL dari CAAC - News

News - Bambang Soesatyo mengapresiasi kendaraan udara otonom EHang (EH216-S) yang berhasil mendapatkan type certificate (TC) pertama di dunia untuk pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal listrik tak berawak (eVTOL). TC eVTOL tersebut resmi dikeluarkan oleh Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (Civil Aviation Administration of China/CAAC) pada 13 Oktober 2023 lalu.

"Hal ini menunjukkan bahwa desain model EH216-S sepenuhnya sesuai dengan standar keselamatan dan persyaratan kelaikan udara CAAC. Selain itu, EH216-S juga telah memenuhi syarat untuk melakukan operasi komersial UAV (unmanned aerial vehicle/kendaraan udara tanpa awak) pengangkut penumpang," ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (24/10/23).

Usai menerima aplikasi EH216-S TC EHang pada Januari 2021, CAAC bekerja sama dengan tim EHang untuk memvalidasi dan memverifikasi teknologi mutakhir dari pesawat tersebut. EH216-S telah divalidasi secara menyeluruh dan ketat melalui lebih dari 500 item pengujian khusus dan lebih dari 40.000 penerbangan uji coba. EH216-S juga melewati uji validasi kesesuaian formal meliputi 65 kategori utama dan lebih dari 450 item pengujian individual.

Baca juga: Ketua MPR RI Bamsoet Terima Penghargaan Automotive Lifetime Achievement dari International Stuntman

"Tim EHang telah bekerja keras mengatasi semua jenis kesulitan dan tantangan untuk mendapatkan TC dari CAAC. Keberhasilan memperoleh TC eVTOL membuktikan Tim EHang mampu merancang, mengembangkan dan membuat produk eVTOL tak berawak yang matang secara mandiri," kata Bamsoet.

Ketua MPR ini mengungkapkan, EH216-S sudah siap untuk digunakan di IKN maupun di seluruh penjuru Indonesia sebagai moda transportasi, baik untuk muatan barang maupun penumpang.

"EH216-S juga dapat berperan sebagai transportasi yang membantu melancarkan berbagai event otomotif, sirkuit balap maupun melakukan pengawasan berbagai turnamen balapan. Selain itu, EH216-S dapat digunakan untuk memikat para wisatawan, memajukan sektor pariwisata seperti di Bali, Lombok dan berbagai destinasi wisata unggulan lainnya," pungkas Bamsoet.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat