androidvodic.com

Mitsubishi Fuso Pastikan Peluncuran Truk Listrik eCanter Sesuai Rencana - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memastikan jadwal peluncuran truk listrik di tahun 2024 sudah sesuai rencana.

Vice President of Sales and Marketing KTB Aji Jaya, mengatakan persiapan peluncuran eCanter di tahun depan masih on track dan persiapan aftersales masih terus dilakukan.

Baca juga: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Berhasil Tempuh Jarak 1.250 Km Jakarta-Bali

"Sejauh ini kita masih on the track untuk preparation itu. Biasa kalau mobil sebelum launching atau rilis kan banyak yang perlu disiapkan seperti after sales. Secara paralel kita juga sedang persiapkan infrastruktur dan supporting dari pemerintah dalam kendaraan listrik," tutur Aji Jaya saat bincang santai di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Aji menambahkan, saat ini KTB tengah intens berkomunikasi dengan principal mengenai peluncuran eCanter.

KTB sendiri telah melakukan Proof of Concept (PoC) dengan beberapa perusahaan menggunakan eCanter tipe 1.1. Perusahaan yang telah mencoba diantaranya BLog, Pos Indonesia, Nestle dan GoTo.

Truk listrik Fuso eCanter dengan teknologi tukar baterai atau battery swap akan diperkenalkan di pameran otomotif Japan Mobility Show 2023 pada 26 Oktober hingga 5 November di Tokyo, Jepang.
Truk listrik Fuso eCanter dengan teknologi tukar baterai atau battery swap akan diperkenalkan di pameran otomotif Japan Mobility Show 2023 pada 26 Oktober hingga 5 November di Tokyo, Jepang. (dok. Fuso)

"Saat ini kita sudah melakukan beberapa uji coba dengan perusahaan, di mana kita mempunyai sampel dan memberikan kesempatan ke konsumen untuk mencoba. Bagaimana komentar mereka yang kemarin kita uji coba itu eCanter 1.1 atau generasi awal yang masih berbentuk konsep. Yang nanti akan kita jual adalah eCanter 1.2," jelasnya.

Dari perusahaan yang telah menjajal eCanter dalam PoC, seluruhnya menyatakan ketertarikannya menggunakan eCanter sebagai kendaraan operasional.

"Sejauh ini ada beberapa konsumen sudah kita kasih coba, mereka baru sampai tahap berkomentar bagus dan tertarik. Mereka juga pasti akan mempertimbangkan banyak hal tentang kesiapan infrastruktur. Yang banyak ditanyakan apa benefitnya kalau pakai mobil listrik ini. Yang tertarik ada, tetapi bukan hot prospek. Baru hanya tertarik, untuk jadi hot prospek atau hingga ingin itu masih belum tahu," ungkap Aji.

Truk listrik eCanter generasi terbaru pertama kali diluncurkan pada September 2022 di Jepang. eCanter baru ini banyak untuk memenuhi kebutuhan logistik.

Model terbarunya sudah dilengkapi dengan teknologi eAxle yaitu teknologi canggih yang hadir dengan driveline ringkas tanpa propeller shaft.

Baca juga: Fuso Resmi Uji Coba Truk Listrik eCanter di Bali

Beberapa keunggulan teknologi eAxle antara lain biaya perawatan yang lebih rendah, mudah diservis, halus, gesit dan akselarasi yang mulus (tidak ada guncangan perpindahan gigi atau gangguan torsi) semua itu membawa kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Next Generation eCanter sendiri memiliki tiga pilihan ukuran baterai menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen.

Model ini dilengkapi ukuran baterai dengan tiga variasi, yaitu ukuran S, M dan L yang menghasilkan performa tenaga dan jangkauan kendara berbeda dalam sekali pengisian.

Next Generation eCanter yang dipamerkan dalam ajang GIIAS ini memiliki baterai size M yang mampu berkendara 120-150 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat