androidvodic.com

Tips Pebalap Julian Johan Berburu Aksesoris dan Spare Parts Ori di Toko Online - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Di sela aktivitasnya membalap, pebalap muda Julian Johan alias Jeje mengisi waktu senggangnya dengan memuaskan hobi otomotif.

Dia kerap mendandani eksterior dan interior mobilnya dengan berbelanja sendiri aksesoris dan spare parts otomotif. Selain membeli di toko offline, pebalap yang akrab disapa Jeje ini juga kerap berbelanja di toko online. "Saking seringnya saya sering diingetin istri.

Yang paling sering saya beli adalah suku cadang," ujar Jeje saat tampil di acara diskusi yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif dan LazOtomotif di Jakarta, Selasa, 21 November 2023.

Baca juga: Pasar Pelumas Masih Seksi, Surya Global International Boyong Brand Spanyol Cepsa ke Indonesia

Jeje nenuturkan hobi otomotif kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan hadirnya e-commerce membuat kebutuhan membeli spare parts dan aksesoris otomotif makin mudah dan cepat. "Dngan membeli via online sangat terbantu sekali, karena lebih hemat waktu," ungkapnya.

"Kita jadi mudah mengakses barang-barang yang diingini misalnya beli printilan beli obat untuk poles kaca, untuk kinclongin ban mobil yang bisa dilakukan siapa saja di rumah sebagai aktivitas tambahan misalnya di sore hari sepulang kerja," bebernya.

Beli yang Ori ketimbang KW

Jeje menambahkan untuk kebutuhan penggantian berkala atau replacement suku cadang mobilnya, dia mengutamakan membeli suku cadang yang ori seperti direkemdasikan pabrikan. "Kita setiap beli maunya barang yang original, misalnya filter udara, kita pasti ingin cari yang ori.

Saran saya, sebaikya carilah toko yang jual produk original. Pengalaman saya meski sudah ketemu tokonya kadang masih suka ketemu seller yang jual produk KW," bebernya.

Perhatikan Parts Number

Tapi yang membuatnya senang, toko-toko yang menjual spare parts di platform e-commerce sudah terkurasi.

"Penting banget untuk tentukan dulu spare parts apa yang akan dibeli, mereknya apa. Lalu cari toko yang kredibel dan yang rating-nya oke," ungkapnya.

"Kita bisa memanfaatkan parts number di suku cadang. Pastikan parts number suku cadang yang kita beli sesuai dengan parts number di kendaraan. Cek peruntukannya untuk mobi tipe apa tahun pembuatan berapa," ungkapnya.

Canggih Satriatama, VP Automotive Lazada mengatakan, produk otomotif seperti spare parts dan aksesoris memberi kontribusi cukup signifikan bagi penjualan di platformnya.

Baca juga: ExxonMobil Kenalkan Pelumas Racing untuk Motor, Bisa Dipacu di Kondisi Ekstrem

"Nilai transaksi kita dalam 3 tahun terakhir tumbuh tiga kali lipat," ungkap Canggih. Dia menambahkan kanal otomotif di platformnya sudah menjadi bagian dari gaya hidup, karena menyediakan kategori kebutuhan interior dan eksterior roda empat hingga aksesoris dan sare parts untuk sepeda motor. "Produk paling banyak terjual adalah suku cadang," kata dia.

Saat ini LazOtomotif mengakomodir beberapa official store seperti Astra Otoparts yang bergabung sejak 2017.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat