androidvodic.com

Pabrikan Daihatsu di Malaysia Akan Mulai Produksi Mobil Listrik Pertama di 2025 - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News - Perodua yang merupakan pabrikan mobil Daihatsu di Malaysia, disebut akan segera melakukan produksi massal kendaraan listrik buatannya pada 2025.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia Zafrul Abdul Aziz awal pekan ini.

Perodua sendiri telah ditunjuk sebagai pemimpin dalam produksi kendaraan listrik terjangkau berdasarkan Rencana Induk Industri Baru New Industrial Master Plan (NIMP) 2030.

Baca juga: VinFast Resmi Masuk Pasar Otomotif RI, Inves Rp 18 Triliun untuk Bangun Pabrik Mobil Listrik

Pemimpin pasar Malaysia tersebut kabarnya telah mengembangkan prototipe bertenaga listrik bekerja sama dengan perusahaan internasional.

Dilansir dari Paultan, mobil listrik buatan Perodua nantinya akan memiliki harga yang terjangkau, bisa disebut sebagai "EV Rakyat".

Saat ini, Malaysia menerapkan kebijakan pembebasan bea masuk dan cukai untuk kendaraan listrik impor CBU hingga tanggal 31 Desember 2025.

Pembebasan tersebut awalnya ditetapkan berakhir pada tanggal 31 Desember 2023 sebelum diperpanjang hingga akhir tahun 2024 pada tabel pertama anggaran tahun 2023.

Tidak disebutkan adanya perpanjangan lebih lanjut dalam APBN tahun 2024 yang terbaru, sehingga saat ini adalah akhir tahun 2025.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat