androidvodic.com

Pilih Ban Mobil Listrik Tak Boleh Sembarangan, Ini Tipsnya - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Tribunners tahu, mengganti ban untuk mobil listrik ternyata tidak boleh sembarangan, hal ini berkaitan dengan karakteristik kendaraan itu sendiri.

Karakteristik mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) meliputi bobot sekitar 30-50 persen terletak pada baterai, kabin lebih senyap, akselerasi instan dan pengereman yang berbeda dari mobil konvensional lainnya.

Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia Fisa Rizqiano, menjelaskan ban yang digunakan pada mobil EV harus memiliki teknologi yang mampu meminimalisasi hambatan gulir (rolling resistance) guna menghemat penggunaan laju pengurangan daya baterai, mengurangi akumulasi panas dan menahan gesekan.

Baca juga: Mobil Listrik Toyota BZ4X Terjun ke Laut, Diduga Pemilik Lupa Tarik Tuas Parkir

"Selain itu, konstruksi ban dengan kekuatan tambahan (reinforced) juga perlu untuk mengakomodasi peningkatan bobot baterai kendaraan listrik serta meningkatkan kemampuan ban dalam meminimalkan kebisingan eksterior," kata Fisa, Jumat (9/2/2024).

Untuk lebih jelasnya, Bridgestone memberikan beberapa tips untuk memilih ban mobil listrik:

1. Indeks Beban

Baterai mobil EV menambah bobot kendaraan secara signifikan dibandingkan kendaraan bermesin konvensional.

Bobot tambahan tersebut dapat memberikan tekanan tambahan pada ban, oleh karena itu diperlukan ban dengan indeks beban yang sesuai dengan bobot kendaran.

Informasi Indeks beban ini dapat ditemui di dinding ban, yang penulisannya satu kesatuan dengan ukuran ban. Hal ini turut menentukan seberapa besar tekanan udara yang sesuai untuk ban tersebut.

2. Gesekan Rendah

Memilih ban dengan hambatan gesek (rolling resistance coefficient) yang lebih kecil akan berkontribusi terhadap hambatan gulir yang lebih rendah.

Artinya, Anda akan mendapatkan lebih banyak jangkauan dan efisiensi dari kendaraan listrik Anda, yang dapat membantu berkontribusi terhadap keberlanjutan dan masa pakai baterai.

3. Kebisingan Rendah

Kendaraan listrik sudah lebih senyap karena tidak adanya kebisingan mesin, jadi untuk menjaga pengendaraan tetap mulus dan senyap, sebaiknya pilih ban dengan teknologi peredam kebisingan.

4. Senyawa Karet yang Kuat

Torsi instan pada kendaraan listrik dapat menyebabkan peningkatan keausan pada ban. Ban yang dibuat dengan kompon karet berkualitas dirancang memiliki kekuatan untuk menahan torsi tambahan tersebut.

"Selain pemilihan ban yang cocok, perawatan dan pemeliharaan ban sangat penting untuk mempertahankan umur ban atau mengurangi tingkat keausan dan juga memaksimalkan jarak tempuh (drive range)," tutur Fisa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat