androidvodic.com

Selipkan Materi Soal Kendaraan Listrik, Festival Vokasi Satu Hati Ciptakan SDM Unggul Otomotif - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, CIKARANG - PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Festival Vokasi Satu Hati yang diselenggarakan di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center Deltamas, Cikarang, Jawa Barat pada 20-22 Februari 2024.

Festival Vokasi Satu Hati ini merupakan kompetisi keterampilan teknik di bidang otomotif, khususnya sepeda motor.

Digelar dengan tujuan mampu memacu pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan siap mengisi kebutuhan tenaga kerja di sektor industri kendaraan.

Manager Vocational PT Astra Honda Motor Gunardi, mengatakan khusus di tahun ini Festival Vokasi Satu Hati menambah kompetisi dengan materi menyoal Electric Vehicle atau EV.

"Untuk materi EV kami sampaikan secara bertahap. Tapi tentunya kami akan konsisten kembangkan. Untuk saat ini basic knowledge-nya, seperti teknologi EV itu seperti apa, shifting dari pakai ICE ke EV, apa perbedaannya. Basic knowledge, masih pakai oli atau busi nggak, itu dasar banget. Diferensiasi antara dua teknologi, plus-minus itu yang kami sampaikan," tutur Gunardi dalam konferensi pers di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (22/2/2024).

General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin, menyampaikan dengan kian tumbuhnya permintaan terhadap kendaraan akan berdampak pada kenaikan rekrutmen pegawai di industri ini.

"Kami mengembangkan program vokasi satu hati salah satu poin utamanya memenuhi kebutuhan industri terhadap tenaga kerja yang siap dan terampil. Kalau kita lihat di vokasi outputnya ada tiga arah, salah satu arahnya itu saya sering nyebut BMW - bekerja, melanjutkan kuliah dan wirausaha," jelas Muhib.

Bagi alumni SMK Binaan, proses kerja usai lulus sekolah bisa dilakukan di jaringan network AHM di AHASS.

Saat AHASS melakukan rekrutmen alumni SMK Mitra Binaan tidak perlu melakukan training lagi, jadi bisa menghemat biaya training.

"Selain ke AHASS tentu kita juga dorong network kami untuk bisa menyerap, tidak hanya teknik tapi juga di AHM. Salah satu alumni terbaik di program ini menjadi karyawan di beberapa perusahaan Astra, salah satunya ada di AHM. Jadi kami pun juga bisa menyampaikan pada guru-guru SMK atau manajemen bahwa man power yang dihasilkan dari SMK Mitra Binaan kami cukup kompetitif di market," ungkap Muhib.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat