androidvodic.com

Toyota Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 Akibat Masalah pada Cakram Kopling - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Toyota Astra Motor (TAM) melakukan recall terhadap Land Cruiser 300 produksi Juli 2021 - Januari 2024 dan Lexus LX600 produksi Januari 2022 - Januari 2024 usai ditemukan potensi masalah pada cakram kopling pada transmisi otomatis.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, mengatakan pihaknya menemukan potensi masalah di dalam transmisi otomatis 10-speed di kedua Premium Luxury SUV tersebut.

"PT Toyota-Astra Motor (TAM) memohon maaf kepada pemilik Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 tahun produksi tertentu, atas ketidaknyamanan yang terjadi karena diimbau untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat," tutur Henry dalam keterangannya, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Total Penjualan Tembus 2 Ribu Unit Selama Hampir Setahun, Lexus Indonesia Torehkan Sejarah

Masalah timbul ketika tuas transmisi digeser ke N (netral) dan tekanan lepas dari piston kopling, cakram kopling tidak segera terlepas dari pelat, sehingga memungkinkan sebagian tenaga mesin masih tersalurkan ke roda.

Saat hal itu terjadi di permukaan datar, apalagi jika rem parkir tidak aktif, mobil berpotensi berjalan ke depan dengan kecepatan hingga 6 km per-jam.

Penanganan yang akan dilakukan TAM ialah pemrograman ulang ECU transmisi untuk mengatasi masalah tersebut.

Perkiraan pengerjaannya akan memakan waktu sekira 30 menit tanpa perlu penggantian suku cadang apapun dan tidak dikenakan biaya.

"Kami meminta pelanggan agar memeriksa mobilnya apakah ada di dalam daftar recall dan berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk memprogram ulang ECU transmisi tanpa ada biaya apapun," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat