androidvodic.com

Bluebird Siap Ramaikan Bisnis Bus AKAP Lewat Bendera Cititrans, Kelas Suite Class Unit Jetbus 5 - News

News, JAKARTA - Bluebird Group diperkirakan akan segera ikut meramaikan bisnis transportasi bus antarkota antarprovinsi dengan mengibarkan bendera Cititrans.

Sejumlah unit bus terbaru Bluebird dengan badge Cititrans berwarna abu-abu telah selesai diproduksi di Karoseri Adi Putro, Malang, model Jetbus 5 dan diperkirakan akan menjadi armada tulang punggung Bluebird merintis trayek bus AKAP ini.

Di kalangan pengusaha dan peminat transportasi bus, rencana masuknya Bluebird Group di transportasi bus AKAP bertrayek ini sudah terdengar sejak tahun 2023 lalu.

Sempat berhembus kabar Bluebird mengakuisisi trayek PO Pahala Kencana, salah satu legendaris pemain bus AKAP yang kini bisnisnya mulai terlihat surut.

Beberapa trayek gemuk yang disebut-sebut akan digarap Bluebird Group di transportasi AKAP ini adalah Jakarta-Malang dan Jakarta-Yogyakarta.

Di bisnis bus AKAP ini Cititrans beroperasi di bawah bendera perusahaan PT Trans Antar Nusabird dengan menyertakan logo burung hitam Bluebird yang selama ini biasa tersemat di armada shuttle Cititrans.

Armada Cititrans AKAP
Bus Cititrans bersasis Hino RM 280 yang diperkirakan akan menjadi calon armada bus AKAP Bluebird Group. Foto: Instagram @hisyam 2542.

Brand Cititrans sendiri merupakan hasil akuisisi Bluebird terhadap salah satu perusahaan transportasi shuttle Jakarta-Bandung, beberapa waktu lalu, dan kini sudah memperluas trayeknya ke beberapa kota termasuk di Jawa Tengah. 

Operasikan Kelas Suite Class, Sasis Hino RM 280

Berdasar pantauan unggahan netizen di media sosial, seperti postingan netizen @hisyam_2542 di Instagram, layanan transportasi AKAP Bluebird Group diperkirakan akan menyediakan kelas Suite Class dan Super Executive Class pada armadanya. 

Baca juga: Karoseri Adi Putro Larang Mekaniknya Pasang Klakson Telolet Basuri

Rinciannya, 4 seats dengan konfigurasi 1-1 kelas Suites Class dan 16 seats dengan konfigurasi 2-2 kelas Super Executive Class.

Direktur Karoseri Adi Putro David Jethrokusumo di akun Instagram pribadinya, Kamis, 28 Maret 2024 kemarin juga mengunggah video pendek seremoni kecil serah terima armada Jetbus 5 Bluebird Group yang terdiri dari unit Cititrans AKAP dan unit Bluebird pariwisata.

Handover unit Jetbus 5 Cititrans
Seremoni serah terima unit Jetbus 5 Cititrans AKAP dan Bluebird pariwisata dari Karoseri Adi Putro ke Bluebird Group, Kamis, 28 Maret 2024. Foto: Instagram David Jethrokusumo

Yang menarik dari calon armada bus AKAP Cititrans ini, Bluebird tidak menggunakan sasis Mercedes-Benz seperti yang selama ini sudah banyak dioperasikan pada armada bus pariwisatanya.

Kali ini, Bluebird Group sedang mencoba sasis baru dari Hino yakni RM 280 Euro 4 yang dilengkapi dengan full air brake dan wide air suspension.

Baca juga: PO Bintang Zahira Tambah 2 Unit Bus Skylander R22 Aero 9 Touring Bersasis Hino RM 280 ABS

Memang, sasis Hino RM 280 Euro 4 ini sedang sangat laris dibeli operator bus di Tanah Air sejak peluncurannya.

Menurut data PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), sepanjang 2023 Hino menjual 1.000-an unit sasis Hino RM 280.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat