androidvodic.com

Asuransi untuk Mobil Listrik, Risiko Apa Saja yang Bisa Dicover? - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Minat masyarakat pada kendaraan listrik ikut mendorong minat perusahaan asuransi kerugian umum atau general insurance untuk ikut menggarap bisnis ini melalui produk asuransi kendaraan khusus untuk mobil listrik.

Salah satu general insurance yang menggarap bisnis ini di Indonesia adalah Great Eastern General Insurance Indonesia (GEGI).

Perusahaan asuransi ini baru saja meluncurkan Electric Vehicle (EV) Insurance yang khusus memberikan perlindungan untuk para pemilik mobil listrik.

Direktur Marketing GEGI Linggawati Tok menuturkan, kesadaran masyarakat mengenai energi hijau yang ramah lingkungan semakin meningkat.

"EV Insurance GEGI memberikan perlindungan terhadap risiko yang secara khusus berhubungan dengan mobil listrik seperti tanggung jawab hukum pihak ketiga yang timbul dari pengisi daya mobil listrik," kata Linggawati Tok dalam keterangannya, Jumat (26/4/2024).

Dia menjelaskan, perlindungan yang diberikan mencakup

1. Risiko kecelakaan akibat tersetrum,

2. Risiko kerusakan fasilitas pengisian daya pribadi,

3. Risiko kehilangan kabel pengisi daya mobil listrik dan

4. Risiko biaya dekontaminasi limbah baterai.

Baca juga: Tren Pengguna Kendaraan Elektrifikasi Meningkat, Indonesia Re Sosialisasi Asuransi Mobil Listrik

Dia menjelaskan, EV Insurance memiliki dua pilihan manfaat pertanggungan.

Pertama, pertanggungan gabungan (comprehensive) meliputi jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan.

Kedua, pertanggungan kehilangan/kerusakan total (total loss only) dimana jaminan ganti rugi atas kerusakan atau kerugian total dimana yang nilai perbaikannya maupun penggantiannya sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga pertanggungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat