androidvodic.com

Dorong Dekarbonisasi di Kalangan Anak Muda, Toyota Eco Youth ke-13 kembali Digelar - News

News, JAKARTA - Toyota Eco Youth (TEY), kompetisi proyek dan inovasi perbaikan lingkungan hidup untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat tingkat nasional, tahun ini memasuki pergelaran ke-13.

Kick off TEY ke-13 dengan mengusung tema “EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi” yang berfokus pada upaya generasi muda melakukan dekarbonisasi, digelar di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta, Selasa (30/4/2024). Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh siswa-siswi SMA dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang dan secara daring oleh 25 sekolah perwakilan dari seluruh wilayah Indonesia.

TEY mengundang siswa SMA sederajat, dalam kelompok yang terdiri dari 2 siswa dan 1 guru pendamping, untuk berpartisipasi dengan mengajukan proposal proyek dan inovasi perbaikan lingkungan hidup.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, mengatakan mengangkat tema “EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi” TEY berfokus pada upaya dekarbonisasi. Harapannya tidak hanya sekedar sebagai usaha menurunkan emisi, namun juga bagaimana menggali dan memanfaatkan kesempatan dalam peluang - peluang baru, yang bertujuan untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Sektor Kehutanan Diharapkan Jadi Penggerak Utama Program Dekarbonisasi

"Upaya dekarbonisasi tentunya memerlukan sinergi semua pihak sehingga meraih hasil nyata, tanpa terkecuali generasi muda sebagai pilar utama bagi kontribusi masa depan bumi yang lebih hijau, ujar Bob Azam.

Setelah menyelenggarakan aktivitas kick off, selanjutnya program TEY dilanjutkan dengan sosialisasi, seleksi proposal, bimbingan proyek, implementasi proyek, dan mentoring. Kemudian penjurian akhir dan pengumuman pemenang.

TEY yang diinisiasi Toyota Indonesia (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Toyota-Astra Motor) telah melibatkan partisipasi pelajar SMA atau sederajat hingga 1.700 SMA dari 34 provinsi di Indonesia. Total proposal proyek mencapai hampir 4.000 proposal.

Program TEY ke-13 terbuka untuk semua generasi muda yang berada di bangku SMA dan sederajat di seluruh wilayah Indonesia. Periode registrasi submit proposal dibuka dari sekarang hingga 30 Juni 2024 mendatang.

Finance Administration & Logistics Support Director PT Toyota-Astra Motor Nini Tjandrasa menambahkan, sebelum anak-anak muda ini mencoba mengeluarkan ide-idenya, kata Nini, Toyota akan membekali mereka dengan berbagai edukasi seperti soal dekarbonisasi dan sustainability.

"Begitu juga bagaimana caranya untuk mempromosikan dengan digital communication yang baik. Ini semua akan kita coba untuk memulai dengan workshop, sebelum teman-teman mencoba untuk menuangkannya dalam ide dan solusi yang memberikan manfaat kepada kita semua," jelasnya.

Ajang TEY juga mendapatkan apresiasi dari aktivis lingkungan Swietenia Puspa Lestari. Pendiri Divers Clean Action (DCA) ini menyampaikan, permasalahan lingkungan bisa disebabkan oleh teknologi yang tidak dibangun untuk tidak mencederai lingkungan.

Oleh karena itu, solusi yang dibutuhkan adalah teknologi-teknologi yang dibangun untuk kelestarian alam.

"Melihat dari track record TEY sebelum-sebelumnya, ini kan kayak karya ilmiah naik kelas, di mana dikasih pendanaan dari Toyota, dikasih mentorship. Jadi harapannya lebih banyak inovasi-inovasi di daerah dan tentunya anak-anak muda ini lebih memahami bahwa mereka juga bisa menjadi inovator," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat