androidvodic.com

Kymco Buka Peluang Kerja Sama dengan Pebisnis UMKM dan Pengusaha Motor Listrik - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Perusahaan otomotif global Kymco membuka peluang kepada para pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menggunakan kendaraan sepeda motor sebagai moda transportasi untuk menjalin kerjasama guna pengembangan usahanya.

Chen Jung Lung selaku Presiden Director Kymco mengatakan, kerjasama yang dibuka adalah berupa pembelian motor listrik Kymco kemudian mengikat kontrak kerjasama sewa baterai.

"Dengan kontrak sewa baterai sebesar Rp 9.000.000 per tahun, pengusaha UMKM tidak perlu lagi keluar biaya untuk beli baterai, perawatan baterai hingga ganti baterai jika rusak," ujarnya, Senin, 6 Mei 2024.

Selanjutnya, pebisnis UMKM bisa gunakan kendaraan listrik yang hemat biaya baik untuk perawatan juga tidak perlu lagi pusing biaya bahan bakar.

Baca juga: Perluas Pasar, Sepeda Motor Listrik Produksi Indonesia Siap Ekspor ke 3 Negara ASEAN

Sebagai informasi, saat ini tersedia dua model motor listrik Kymco yang bisa dibeli oleh pengusaha UMKM yakni, Kymco Agility EV dan Kymco iONEX i-One.

Kymco Agility EV adalah sepeda motor listrik yang memiliki motor penggerak berdaya maksimum sekitar 2.000 Watt atau setara dengan 2,6 tenaga kuda. Dukungan kapasitas baterai yang dimilikinya mampu berakselerasi hingga 50 km/jam.

Kymco Agility EV saat ini dibanderol dengan harga Rp. 24.700.000 (OTR Jakarta). Sementara iONEX i-One, memiliki power 2.000 Watt.

"Dengan daya baterai itu, motor listrik ini mampu melesat dengan kecepatan tertinggi hingga 49 Km/jam dengan daya tempuh 90 Km (30 Km/jam konstan speed). Secara keseluruhan i-One Series memiliki bobot 75 kg," jelasnya.

i-One memiliki dimensi panjang 1.785 mm, lebar 725 mm, tinggi 1.095 mm dengan wheelbase 1.285 mm yang didukung dengan ban berukuran 90/70-12 di depan dan 90/80-12 di belakang.

Sistem pengeremannya menggunakan rem cakram. Kymco iONEX i-One dibanderol seharga Rp 27.400.000 (OTR Jakarta).

Kerja Sama dengan Produsen Motor Listrik

Selain membuka peluang untuk pebisnis UMKM, Kymc juga membuka kesempatan kerja sama dengan perusahaan yang lebih besar khususnya untuk produsen sepeda motor listrik.

Mereka menyiapkan skema menarik secara business to business (B2B), skema tersebut ditawarkan kepada para perusahaan produsen motor listrik yang tertarik menggunakan jaringan Kymco iONEX Battery Swap Station untuk produk sepeda motor mereka.

“Sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, kami membuka berbagai peluang Kerjasama dengan berbagai pebisnis baik dari UMKM maupun skala besar," ujar Chen Jung Lung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat