androidvodic.com

Mandiri Utama Finance Incar 5 Persen Pembiayaan Kendaraan Listrik di 2024 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Mandiri Utama Finance (MUF) mengincar 5 persen pembiayaan kendaraan listrik dari total portofolio pembiayaan kendaraan saat ini, baik roda empat maupun roda dua.

"Kita ingin bisa membiayai minimal 5 persen ke kendaraan listrik tahun ini, sejalan dengan upaya kita mendukung ESG," ujar Rully Setiawan, Direktur Finance & Bussiness Relationship Mandiri Utama Finance di acara konferensi MUF Auto Fest 2024 di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Dia mengatakan, saat ini persentase pembiayaan kendaraan listrik di MUF masih 2-3 persen dari total portofolio pembiayaan kendaraan roda dua dan empat, dengan kontribusi terbesar dari konsumen di wilayah Jakarta dan Bodetabek.

Baca juga: Wamendag: Indonesia Berpotensi Kembangkan Industri Mobil Listrik

Tentang kendaraan listrik yang paling banyak diminati masyarakat adalah yang dipasarkan di harga Rp 400 juta ke atas. "Harga Rp 400 juta ke atas yang paling banyak diminati," ungkap Rully Setiawan.

Rully menjelaskan, MUF menggarap pembiayaan mobil listrik sejak 3 tahun lalu, atau sejak mobil dan motor listrik mulai diperkenalkan dan dipasarkan di Indonesia.

Dia mengatakan, secara umum tren pembiayaan kendaraan baru di segmen sepeda motor oleh industri leasing cenderung stabil di kuartal I 2024.

"Untuk penjualan sepeda motor stabil, namun untuk pembiayaan roda empat memang terganggu. Gaikindo kan menargetkan total penjualan mobil tahun ini 1.050.000 sampai 1.100.000 unit tahun ini."

"Maka itu, kami dari multifinance akan juga berupaya mem-push penjualan tersebut, dengan berupaya memberikan fasilitas pembiayaan ke masyarakat agar minat masyarakat membeli kendaraan baru meningkat," ujarnya.

Total portofolio pembiayaan MUF di segmen mobil dan motor mencapai sekitar Rp 5 triliun. Sementara total pembiayaan kendaraan roda 2 dan roda 4 oleh industri pembiayaan anggota APPI diperkirakan mencapai Rp 400 triliun tahun ini.

Gelar Pameran di Kelapa Gading

Untuk mendorong penjualan otomotif nasional lebih bergairah lagi di kuartal II 2024 ini, Mandiri Utama Finance kembali menggelar MUF Auto Fest 2024 di Jakarta, setelah kegiatan yang sama sukses dilaksanakan di Kota Bandung.

Road show gelaran MUF Auto Fest 2024 di Jakarta diselenggarakan di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara, mulai 7-12 Mei 2024.

Roadshow ini juga akan diselenggarakan di kota-kota lain seperti Tangerang, Bekasi, Bandung, Palembang, Surabaya, Semarang, Banjarmasin, Batam dan Makassar demi memberikan pilihan kredit dengan penawaran terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Rully menjelaskan, kegiatan roadshow ini diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) dengan memberikan pilihan kredit otomotif dengan penawaran terbaik untuk masyarakat terutama berbagai kendaraan model terbaru di 2024 dari berbagai merek, baik roda dua maupun roda empat, seperti tipe SUV, MPV, hatchback dan city car yang menjadi impian masyarakat Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat