androidvodic.com

Pengusaha Rental Mobil Screening Ketat Penyewa Kendaraan Pasca Insiden Sukolilo Pati - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Pengusaha rental kendaraan mulai melakukan blacklist terhadap calon konsumen yang terindikasi berasal dari daerah rawan penggelapan mobil maupun penyewa yang akan merental mobil untuk tujuan ke daerah-daerah rawan.

Langkah ini mereka ambil usai insiden main hakim sendiri terhadap Burhanis (52) pengusaha rental asal Jakarta, yang dihabisi oleh warga Sumbersoko Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, saat akan mengambil paksa mobil rental miliknya yang digelapkan penyewanya dan dibawa kabur ke daerah tersebut. 

Selain itu, sebagian pengusaha rental juga melakukan pengetatan screening bagi calon peminjam. Sembodo Car Rental sendiri memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk mencegah hal seperti di Pati terjadi.

"Terkait cara mencegahnya, mungkin dari perusahaan rental punya SOP masing-masing. Untuk di perusahaan kami, calon penyewa baik itu perorangan atau perusahaan diminta untuk melengkapi dokumen legal atau data diri yang diperlukan," tutur Manager Operasional Sembodo Car Rental Kisnanto Hadi Pribowo, kepada News, Selasa (11/6/2024).

Setelah dokumen legal dinyatakan sesuai, Sembodo Car Rental melanjutkan proses dilanjutkan untuk survei tempat tinggal atau kantor.

Selanjutnya, perusahaan akan menganalisa terlebih dahulu dokumen dan hasil survei yang telah didapatkan dari kantor maupun tempat tinggal calon penyewa kendaraan.

Baca juga: Bos Rental Mobil Korban Amuk Massa Warga Sumbersoko Pati Dikenal Dermawan, Dimakamkan di Pesantren

"Dari proses tersebut, kami menilai cukup bisa mengurangi potensi kejadian serupa," jelas Bowo lebih jauh.

Bowo menambahkan, untuk daerah-daerah rawan seperti blacklist yang dilakukan beberapa pengusaha rental, Sembodo tidak menyamaratakan.

Baca juga: Penuturan Aris, Pria yang Pakai Daihatsu Sigra Milik Bos Rental yang Tewas Dianiaya Warga Pati

"Terkait daerah rawan biasanya tidak dipukul secara merata, tapi kami jadikan pertimbangan tersendiri. Selain dari data calon penyewa dan analisa lainnya," terangnya.

Terkini Lainnya

  • Pengusaha rental kendaraan mulai melakukan blacklist terhadap calon konsumen yang terindikasi berasal dari daerah rawan penggelapan mobil.

  • Bedah Teknologi YECVT di Yamaha Nmax Turbo, Perawatan Lebih Gampang Atau Lebih Susah?

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat