androidvodic.com

5 Manfaat Pemakaian Dashcam di Mobil, Lindungi Pengemudi dari Kejahatan Jalanan - News

TRBUNNEWS.COM, JAKARTA — Penggunaan dashboard camera atau dashcam di mobil kini makin luas digunakan seiring dengan meningkatnya kesadaran pengendara tentang pentingnya menjaga keselamatan di jalan.

Lebih dari sekadar kamera pemantau, dashcam sebenarnya memiliki banyak fungsi yang akan melindungi penggunanya dari berbagai risiko termasuk klaim atas kecelakaan, hingga risiko dari ancaman kejahatan di jaan raya.

Apa saja manfaat dashcam secara keseluruhan? Berikut rinciannya:

1. Memudahkan saat parkir kendaraan

Memiliki dashcam membantu pengendara saat hendak memarkir mobil terutama di area sempit. Dengan dashcam yang terpasang di bagian belakang mobil, pengemudi lebih leluasa bermanuver saat akan memposisikan kendaraannya agar tidak bersinggungan dengan benda di sekitarnya.

Baca juga: Dashcam Makin Dibutuhkan untuk Cegah Risiko Kejahatan di Jalan

2. Merekam suasana perjalanan

Pada dasarnya, dashcam berfungsi untuk merekam apa saja yang terlihat di sepanjang perjalanan. Karena itu dashcam bisa berfungsi dengan dokumentasi perjalanan yang menyenangkan karena bisa merekam kondisi di sekitar kendaraan kita baik di depan maupun belakang, bahkan sisi samping.

Banyak vlogger memanfaatkan dashcam untuk merekam perjalanan touring atau traveling wisata ke sebuah destinasi termasuk memberikan panduan atau semacam tutorial ke follower-nya lalu mengunggahnya ke media sosial.

3. Bukti faktual kejadian kecelakaan jalan raya

Fungsi satu ini penting. Karena sifatnya mampu merekam apa saja yang terlihat di perjalanan terutama di jalan raya, dashcam bisa berfungsi sebagai bukti akurat ketika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

Misalnya kecelakaan. Bukti rekaman peristiwa kecelakaan yang terekam kamera dashcam bisa digunakan untuk bukti di kepolisian.

Misalnya, insiden kecelakaan jalan raya terjadi di Jl. Bambu Larangan, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu, 15 Juni 2024.

Seorang ibu bersama anaknya tiba-tiba terjatuh di depan sebuah mobil yang melintas. Kejadian ini sempat memicu kesalahpahaman antara warga dengan pengemudi mobil karena warga sekitar mengira ibu tersebut terjatuh karena senggolan dengan mobil tersebut.

Namun, rekaman dashcam di mobil tersebut mengungkap fakta sebenarnya bahwa ibu dan anak tersebut terjatuh bukan karena serempetan dengan mobilnya.

Berkat perangkat ini, setiap detail insiden terekam dengan jelas, menunjukkan bahwa ibu dan anak tersebut jatuh bukan karena tertabrak mobil, melainkan karena gagal menaiki kendaraan bermotor yang sedang diparkir di tepi jalan.

“Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan, namun sekarang setidaknya kita memiliki bukti yang cukup bisa diandalkan,” ungkap Rizky, pengemudi mobil tersebut saat menunjukkan rekaman dashcam kepada kepolisian.

4. Melindungi dari Risiko Kejahatan Jalanan

Sekali lagi karena kemampuannya merekam apa saja yang terlihat di perjalanan terutama di jalan raya, dashcam bisa berfungsi sebagai bukti ketika terjadi kejahatan jalanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat