androidvodic.com

Menko PMK: Perguruan Tinggi Miliki Tenaga Melimpah di Bidang Riset - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa hasil riset perguruan tinggi berperan sangat penting dalam kemajuan suatu bangsa.

Termasuk, membantu mempercepat upaya penanganan pandemi Covid-19 yang hingga kini masih melanda sejumlah negara di dunia.

"Perguruan tinggi sebenarnya memiliki tenaga-tenaga yang melimpah dan sangat mendukung, juga riset-riset yang dihasilkan," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Ketua DPR RI: Menara Gading di Perguruan Tinggi Harus Ditinggalkan

Muhadjir menekankan kepada setiap perguruan tinggi yang telah berhasil menciptakan produk inovasi agar mendiseminasikannya lebih luas.

Selain itu juga harus tetap memantau distribusi ataupun penggunaan produk-produk hasil inovasi tersebut agar dapat diketahui kelemahan dan kekurangannya.

Sehingga dapat dilakukan perbaikan dan penyempurnaan teknologi tersebut oleh perguruan tinggi.

Baca juga: WHO: Vaksinasi Anak-anak Bukan Prioritas Tinggi di Tengah Kekurangan Pasokan

“Karena itu perlu ada research and development. Apalagi yang berkaitan dengan masalah kesehatan harus betul-betul diperhatikan, baik yang terkait dengan tenaga kesehatan ataupun masyarakat yang menerima manfaat produk tersebut,” ucap Muhadjir.

Salah satu produk inovasi riset yang dihasilkan perguruan tinggi, seperti pengembangan produk kesehatan berbasis Information Communication Technology (ICT) dan Artificial Intelligence (AI).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat