androidvodic.com

Sandbox IKAPUNIJA Berhasil Leburkan Sekat antar Alumni PNJ - News

Laporan Wartawan News, Vincentius Jyesta 

News, JAKARTA - Sekretariat Ikatan Alumni Politeknik UI dan Politeknik Negeri Jakarta (IKAPUNIJA) telah resmi dibuka untuk menjadi wadah berkumpul alumni dan sarana berkolaborasi.

Acara itu digelar secara hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan dan diresmikan langsung oleh Direktur PNJ, Dr. SC. Zainal Nur Arifiin Dipl, Eng, HTMLT, pada Jumat (1/10). 

Kegiatan juga dihadiri pula oleh Wakil Direktur Bidang Kerja Sama Iwan Supriyadi, BSCE., M.T., Ketua Koperasi Politeknik (KOPTEK) Ferdinand Damita, Ketua Umum IKAPUNIJA Chairuddin Achmad, serta Ketua Dewan Perwakilan Alumni M Zahir SA.  

Ketua Umum IKAPUNIJA, Chairuddin Achmad secara langsung memberi nama untuk Sekretariat IKAPUNIJA yaitu Sandbox IKAPUNIJA. Penamaan yang cukup unik ini mengandung arti dan harapannya atas Sekretariat IKAPUNIJA.

“Nama Sandbox adalah sebagai tempat kreatif. Biasanya anak-anak kan mainnya di dalam kotak pasir. Di situ tempatnya kreatifitas dan diharapkan peran Sandbox IKAPUNIJA untuk kita semua sebagai ‘kotak pasir’ sehingga menciptakan kreatifitas yang bermanfaat untuk kita semua,” ujar Chairuddin, dalam keterangannya, Senin (4/10/2021).

Ketua KOPTEK Ferdinand Damita berharap dengan langkah awal ini, IKAPUNIJA dan KOPTEK kemudian bisa berkolaborasi dan bersinergi dalam tujuan yang sama. 

Baca juga: Aksi Sosial dan Lingkungan BUMN IFG dan JMI Gelar Donasi Pendidikan untuk Anak Nelayan Pulau Tunda

"Tujuannya adalah menyatukan semua angkatan untuk berpartisipasi kepada pergerakkan dari IKAPUNIJA, KOPTEK, maupun almamater kita bersama PNJ," kata Ferdinand. 

Kehadiran Sandbox ini juga merupakan keinginan Direktur PNJ sejak menjadi sebagai Wadir 4 di tahun 2012. Setelah penantian panjang, akhirnya terealisasi Jumat kemarin. 

“Alhamdulillah pada hari ini keinginan saya terwujud yaitu adanya sekretariat IKAPUNIJA di Politeknik Negeri Jakarta ini sebagai tempat untuk berkumpul, bersilaturahmi, melakukan kreatifitas dan aktivitas apapun dari alumni. Sehingga kita sebagai alumni Politeknik UI maupun Politeknik Negeri Jakarta bisa lebih memberikan arti dan kontribusi kepada almamater kita,” ujar Direktur PNJ Zainal yang juga merupakan alumni Politeknik UI.

Tidak hanya itu, Zainal juga memiliki mimpi para alumni bisa berkumpul di Sandbox IKAPUNIJA seminggu atau sebulan sekali. Bagi siapapun yang ada waktu, dipersilahkan hadir. 

Para alumni dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan dan mungkin juga bisa melibatkan adik-adik mahasiswa. Melalui Connecting the Dots, IKAPUNIJA ingin menghubungkan semua alumni Politeknik UI dan PNJ. 

Selain memberikan sambutan, Zainal juga melakukan prosesi memasukkan bola golf dan melempar dart di area bermain IKAPUNIJA sebagai bentuk simbolis peresmian Sandbox IKAPUNIJA. Setelah mencoba memukul bola beberapa kali, keberhasilan Zainal diiiringi tepuk tangan dari para alumni yang ikut menyaksikan momen bersejarah ini. 

Prosesi simbolis ini berhasil membuat makin cair dan akrab sehingga tiada lagi sekat di antara alumni walaupun terpaut belasan bahkan puluhan tahun. 

"Selanjutnya, para alumni yang lebih muda diharapkan untuk tidak menggunakan sapaan Pak/Ibu kepada sesama alumni. Sapaan Bang, Kak, dan Mpok lebih direkomendasikan. Himbauan ini bertujuan untuk menciptakan rasa nyaman dan melekatkan keakraban antara alumni tanpa menghilangkan rasa sopan santun," tandasnya. 
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat