androidvodic.com

Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2023/2024, Kampus Tegaskan Tidak Ada Maba Titipan - News

News, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) menegaskan tidak ada calon mahasiswa baru titipan pada seleksi penerimaan calon mahasiswa baru UI untuk tahun ajaran 2023/2024.

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia, Dr. Gunawan, S.T., M.T, mengatakan UI akan menerima lebih dari 10.000 mahasiswa pada tahun ajaran 2023/2024 ini.

"Tahun ini kami menerima lebih dari 10.000 mahasiswa," kata Gunawan di Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia, Depok, Jumat (12/5/2023).

Dia mengungkapkan para mahasiswa-mahasiswi baru UI akan melewati dua jalur penerimaan yaitu seleksi nasional dan seleksi mandiri.

"Kuota seleksi nasional sebanyak 5.123 orang dan seleksi mandiri 5.036 orang," jelasnya.

Gunawan menjelaskan jalur seleksi nasional terdiri dari dua yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

"SNBP sudah selesai. Proses pendaftaran ulang juga sudah selesai dilakukan. Saat ini sedang berlangsung Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT)," paparnya.

Sementara untuk seleksi mandiri akan dilakukan melalui Simak UI (Seleksi Masuk UI).

"Rencananya pendaftaran seleksi mandiri (Simak UI) dibuka pada 22 Mei-22 Juni 2023 untuk kelas prestasi dan kelas internasional," ucap Gunawan.

Baca juga: Biaya Gedung untuk Kuliah Kedokteran di Kelas Internasional UI Rp111 juta

Penutupan Simak UI untuk kelas prestasi dan kelas internasional akan dilakukan dua hari setelah pengumuman UTBK-SNBT.

"Jadi bagi mereka yang tidak lulus UTBK-SNBT bisa mengikuti SIMAK UI. Penutupan dilakukan pada 22 Juni 2023, sedangkan pengumuman kelulusan UTBK-SNBT pada 20 Juni 2023," imbuhnya.

Dosen Fakultas Teknik UI ini menegaskan seluruh proses seleksi mahasiswa baru di UI dilakukan secara terbuka dan transparan.

Baca juga: Masuk UNJ, Sumbangan Pengembangan Universitas untuk Calon Mahasiswa Jalur Mandiri Rp 750.000

"Tidak ada mahasiswa titipan di UI. Kami sangat menjaga reputasi kampus, nama besar UI," tegas Gunawan.

Dia menjelaskan sudah ada Prosedur Operasional Baku (POB) dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di UI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat