androidvodic.com

Materi PPKN Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2, Beserta Link Download Buku Paket - News

News - Berikut ini link download materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

Buku PPKN Kurikulum Merdeka kelas 11 SMA ini merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk semua jenjang pendidikan di Indonesia.

Melalui PPKN Kurikulum Merdeka ini diharapkan peserta didik memahami sebuah konsep, teori, dan sejaran tentang Pandacila dan Kewarganegaraan.

Selain itu, fokus utama dari materi PPKN ini juga diharapkan menjadi wahana edukatif untuk mengembangkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air yang dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui materi PPKN Kurikulum Merdeka kelas 11 SMA ini, guru diharapkan mampu menginspirasi dan mengembangkan kreativitas dalam mengelola proses pembelajran peserta didik.

Pada mata pelajaran PPKN kelas 11, terdapat empat elemen penting yang harus dipelajari, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Buku Guru PPKN Kelas 11 Kurikulum Merdeka (2)
Buku Guru PPKN Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Baca juga: Materi PPKN Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2, Link Download Buku Paket

Adapun tujuan dari guru dalam materi PPKN kelas 11 SMA ini adalah untuk menjadikan peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Sebagai informasi, ada juga tujuan dari mata pelajaran PPKN ini bagi peserta didik.

Tujuan Mata Pelajaran PPKN

1. bBerakhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui sikap mencintai sesama manusia dan lingkungannya serta menghargai kebinekaan untuk mewujudkan keadilan sosial;

2. Memahami makna dan nilai-nilai Pancasila serta proses perumusannya sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan ideologi negara melalui kajian kritis terhadap nilai dan kearifan luhur bangsa Indonesia sebagai pedoman dan perspektif dalam berinteraksi dengan masyarakat global, serta mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, rumah, masyarakat sekitar, maupun dalam konteks yang lebih luas;

3. Menganalisis secara kritis konstitusi dan norma yang berlaku, serta menyelaraskan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di tengah-tengah masyarakat global;

4. Memahami jati dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang berbineka, mampu bersikap adil dan tidak membeda-bedakan jenis kelamin dan SARA, serta memiliki sikap toleransi, penghargaan, dan cinta damai sebagai bagian dari jati diri bangsa yang perlu dilestarikan;

5. Menganalisis secara cerdas karakteristik bangsa Indonesia, sejarah kemerdekaan Indonesia dan kearifan lokal masyarakat sekitarnya, dengan kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitarnya dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta berperan aktif dalam kancah global.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat