androidvodic.com

Tata Cara Daftar Program Beasiswa Santri Berprestasi 2024, Klik pendaftaran-beasiswa.kemenag.go.id - News

News - Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 dibuka mulai hari ini, Rabu (3/7/2024) hingga Sabtu (13/7/2024).

Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui Aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman https://pendaftaran-beasiswa.kemenag.go.id/pbsb.

Tahun ini, PBSB dibuka pada pilihan 35 perguruan tinggi mitra dan 97 program studi melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren (DAP).

Kuota beasiswa bagi santri tahun ini, ditargetkan 1.000 santri untuk melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1), Strata dua (S2), dan Strata tiga (S3).

Pilihan program studi yang ditawarkan dan dapat dipilih oleh santri di antaranya mulai dari rumpun keilmuan Keagamaan, Manajemen, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Humaniora.

"Alhamdulillah, pendaftaran PBSB secara online dibuka mulai 3 Juli 2024. PBSB ini peluang bagi para santri di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami mengundang para santri untuk mengambil kesempatan dan mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan," ujar Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono Abdul Ghofur, Selasa (2/7/2024), dikutip dari laman resmi Kemenag.

"PBSB ini dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan Pesantren, dalam rangka mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada Pesantren," tambahnya.

Tata Cara Daftar PBSB Tahun 2024

  1. Terlebih dahulu, Pesantren dan santri membaca dan memahami Booklet PBSB tentang Daftar Perguruan Tinggi Mitra, Program Studi, Domisili Kampus, persyaratan, jadwal pelaksanaan, petunjuk tata cara pendaftaran dan ketentuan lainnya dari PBSB Tahun 2024.
  2. Pesantren dan santri memahami konsekuensi dan sanksi jika di kemudian hari santri mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi.
  3. Pendaftaran PBSB Tahun 2024 dilakukan secara online melalui laman #.
  4. Pesantren mendaftar pada link pendaftaran online PBSB, dengan memastikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang dicantumkan telah terdaftar pada Kementerian Agama dan aktif melakukan pemutakhiran data pada EMIS Ditjen Pendidikan Islam.
  5. Pesantren mendaftarkan santri yang akan mendaftar PBSB program Sarjana (S1) dengan memilih nama-nama santri pada satuan pendidikannya sesuai dengan pendataan pada EMIS selama ini.
  6. Pesantren mendaftarkan santri yang akan mendaftar PBSB program Magister (S2) dengan menginput nama calon pendaftar.
  7. Pesantren mendaftarkan santri yang akan mendaftar PBSB program Doktoral (S3) dengan menginput nama calon pendaftar.
  8. Santri yang telah didaftarkan akan memiliki AKUN SANTRI. Pesantren menyampaikan informasi AKUN SANTRI kepada Santri bersangkutan untuk melengkapi isian formulir dan unggahan dokumen persyaratan.
  9. Santri Login aplikasi menggunakan Username dan Password yang telah diberikan untuk melengkapi form isian dan unggahan dokumen sesuai ketentuan di dalam aplikasi pendaftaran PBSB online.
  10. Jika santri telah melengkapi seluruh formulir pendaftaran, maka santri dapat mengunduh Kartu Formulir Registrasi.
  11. Santri harus mengetahui dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan dalam proses pengisian data dan dokumen yang diisi dan diunggah/diupload melalui AKUN SANTRI.
  12. Santri aktif memantau informasi PBSB melalui media informasi resmi Kementerian Agama dan melalui AKUN SANTRI.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 2024 Dibuka, Ini Dokumen Persyaratannya

Tahapan Seleksi

Berikut tahapan seleksi PBSB tahun 2024 :

Seleksi Tahap 1 – Seleksi Administrasi (Semua Peserta)

Seleksi administrasi terhadap seluruh formulir dan dokumen pendaftar.

Seleksi Tahap 2 – Tes Berbasis Elektronik (Semua Peserta Jalur Reguler)

Tes Berbasis Elektronik dilakukan secara online menggunakan perangkat yang dimiliki oleh santri peserta tes yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan layak mengikuti Tes Berbasis Elektronik.

Tes Berbasis Elektronik dapat dilakukan dengan menggunakan Komputer/Laptop atau menggunakan Gawai/Telepon Genggam berbasis Android/iOS. Untuk dapat mengikuti tes, santri peserta tes harus melakukan tahapan berikut:

  • Mempersiapkan perangkat berupa komputer/laptop atau gawai/telepon genggam berbasis android/iOS;
  • Mengunduh/mendownload aplikasi, sesuai petunjuk dan tata cara Tes Berbasis Elektronik yang tertera pada Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 2;
  • Mengikuti langkah-langkah tes sesuai petunjuk pada Aplikasi Tes Berbasis Elektronik.

Seleksi Tahap 3 – Tes Wawancara/Lisan Online (Semua Peserta)

Tes Wawancara/Lisan dilakukan secara online (dalam jaringan) menggunakan perangkat yang dimiliki oleh santri peserta tes yang dinyatakan lulus seleksi Tes Berbasis Elektronik dan layak mengikuti Tes Wawancara/Lisan Online.

Tes Wawancara/Lisan Online dapat dilakukan dengan menggunakan Komputer/Laptop atau menggunakan Gawai/Telepon Genggam berbasis Android/iOS.

Tes Wawancara/Lisan Online dilakukan secara bergiliran dan terjadwal serta tidak ditentukan lokasinya. Santri peserta tes bisa melakukan Tes Lisan Online di Pesantren, di kediaman atau di lokasi manapun.

Tes Wawancara/Lisan Online sangat membutuhkan perangkat dan koneksi yang stabil serta terhindar dari kebisingan atau suara yang dapat mengganggu pelaksanaan tes. Sehingga dapat menunjang pelaksanaan tes yang diikuti oleh santri peserta tes.

Baca juga: Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2024 Dibuka, Ini Syarat Daftarnya

Untuk dapat mengikuti tes, santri peserta tes harus melakukan tahapan berikut:

  • Mempersiapkan perangkat berupa komputer/laptop atau gawai/telepon genggam berbasis android/iOS;
  • Mengunduh/mendownload aplikasi Zoom Cloud Meetings, sesuai petunjuk dan tata cara Tes Lisan Online pada Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 3;
  • Mengikuti langkah-langkah tes sesuai petunjuk pada Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 3.

Jadwal Seleksi

  • Periode Pendaftaran PBSB Online: 3 – 13 Juli 2024
  • Seleksi Tahap 1 (Seleksi Administrasi): 3 – 15 Juli 2024
  • Pengumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi Tahap 2 (Tes Berbasis Elektronik): 17 Juli 2024
  • Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Tes Berbasis Elektronik: 18 Juli 2024
  • Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 (Tes Berbasis Elektronik): 20 Juli 2024
  • Pengumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi PBSB Tahap 3 (Tes Wawancara/Tes Lisan Online): 24 Juli 2024
  • Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Seleksi PBSB Tahap 3 (Tes Wawancara/Tes Lisan Online): 26 Juli 2024
  • Periode Pelaksanaan Seleksi Tahap 3 (Tes Wawancara/Tes Lisan Online): 28 – 31 Juli 2024 (Menyesuaikan Jumlah Peserta)
  • Pengumuman Kelulusan PBSB 2023: 7 Agustus 2024
  • Pendaftaran Ulang Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB: Sesuai kalender akademik PTM masing-masing
  • Masa Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB: Sesuai kalender akademik PTM masing-masing
  • Pencairan dan Penyaluran Dana PBSB: September - Oktober 2024

(News/Latifah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat