androidvodic.com

Hasilkan Inovasi GoDentist, Mahasiswa PGSD FKIP UT jadi Penerima Dana Project Bangkit Academy 2023 - News

News - Dalam rangka mendukung Program Kampus Merdeka, Universitas Terbuka (UT) yang menjadi salah satu kampus mitra memberikan kesempatan kepada mahasiswa UT untuk mengembangkan diri dengan mendaftar pada Program Bangkit Academy 2023 Batch 1. 

Diketahui, Bangkit Academy merupakan program pengembangan kompetensi mahasiswa untuk dapat berkarir di dunia teknologi yang didesain melalui kemitraan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek, Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan mitra perguruan tinggi lainnya. 

Adapun program ini diikuti kurang lebih 5.013 mahasiswa dari 376 perguruan tinggi di Indonesia. Enam mahasiswa penerima dana hibah tersebut yakni mahasiswa PGSD FKIP UT Annisaseptriyana, Abdul Malik Shodiqin (UNHAS), Farhan Rahman (PNUP), Kholil Haq Alim Hakim (UNM), Rahadian Fajar (UNDIP), Rifaz Muhammad Sukma (UNJANI). 

Keenamnya tergabung dalam GoDentist dan berhasil meraih dana inkubasi Capstone Project Bangkit Kemendikbud Ristek 2023. Dana hibah tersebut akan digunakan untuk pengembangan aplikasi yang berpeluang menjadi Startup teknologi baru di Indonesia. 

Tim GoDentist berhasil terpilih menjadi Top 68 Capstone terbaik dari 787 tim yang kemudian disaring lagi menjadi Top 20 dan berhasil mendapatkan peringkat ke-2. Sebelumnya, produk ini memiliki product based dengan nama Peri Gigi. Kemudian, dilakukan sebuah rebranding dengan mengganti nama menjadi GoDentist di saat program inkubasi Bangkit Academy berjalan. 

Perjalanan Annisa dalam melahirkan GoDentist bersama Bangkit Academy

Berhasil mendapatkan dana hibah, tentunya perjalanan yang ditempuh oleh Annisa selama dalam program Bangkit Academy tidaklah mudah. Pasalnya, ia merupakan mahasiswa PGSD yang notabene awam dalam perihal teknologi. 

Bersama Bangkit Academy, Annisa mulai mempelajari soft skills yang dapat menunjang, seperti growth mindset, the power of feedback, time management, critical thinking, problem solving, dan juga dibekali dengan ilmu Bahasa Inggris. 

Selain itu, Annisa juga turut mempelajari hard skills dalam teknologi, yaitu Learning Path Machine, pembelajaran yang memerlukan keahlian coding. 

Di akhir program Bangkit Academy, Annisa juga perlu mengikuti Capstone Project yang berdurasi selama 1 bulan untuk menyelesaikan produk bersama learning path lainnya, seperti Cloud Computing dan Mobile Development. 

Dalam Capstone Project ini, Annisa bersama dengan beberapa mahasiswa lainnya membangun sebuah aplikasi bernama GoDentist. Aplikasi GoDentist ini mengajak masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi

Menurut tim GoDentist, di Indonesia, sebanyak 57,6 persen penduduk mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut yang cukup serius, tetapi hanya 10,2 persen yang mendapat perawatan medis. Banyak potensi yang membuat sebagian masyarakat tidak mendapat perawatan medis yang baik, mulai dari kurangnya kesadaran, akses ke fasilitas kesehatan, dan jumlah dokter gigi yang tidak memadai. 

Melihat permasalahan itu, solusi yang pasti dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan sistem untuk menghubungkan antara masyarakat dengan dokter gigi untuk memberikan edukasi dan melakukan diagnosis dini. 

Dari latar belakang tersebut, lahirlah aplikasi GoDentist yang dapat memudahkan masyarakat dalam memeriksa gigi dan berkonsultasi dengan dokter gigi secara online. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat