androidvodic.com

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 4 Halaman 104 Bab 4: Penerapan Nilai-nilai Pancasila - News

News - Inilah kunci jawaban mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4 halaman 104 bab 4 dalam buku Kurikulum Merdeka.

Pada halaman 104, siswa kelas 4 diminta menjawab dua pertanyaan untuk lebih memahami penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Soal yang muncul adalah Menurutmu, apakah yang telah mereka lakukan itu mencerminkan penerapan dari makna sila-sila Pancasila? Apa alasan dari jawabanmu?

Sebelum melihat kunci jawaban Pendidikan Pancasila kelas 4 halaman 104, ada baiknya siswa mengerjakan soal terlebih dahulu.

Buku Pendidikan Pancasila Kelas 4 ditulis oleh Dede Kurniawan, Dwi Nanta Priharto, dan Yusnawan Lubis.

Baca juga: Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 4 Halaman 102, 103: Ayo Pasangkan Makna Sila Pancasila

Inilah pertanyaan dan kunci jawaban mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4 halaman 104 bab 4 buku Kurikulum Merdeka:

Ayo, Berlatih

Bacalah teks berikut ini untuk lebih memahami penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jawablah pertanyaan-pertanyaannya dengan jawaban yang sesuai!

Dani, Dewi, dan Made adalah peserta didik kelas IV di SD Bineka. Sekolah mereka berkolaborasi dengan pemuda karang taruna Desa Bineka untuk melakukan bakti sosial di lingkungan sekitar sekolah. Bakti sosial dikhususkan untuk para tokoh pejuang kemerdekaan.

Sekolah mengumumkan kepada seluruh peserta didik agar berpartisipasi dengan memberikan sumbangan dalam bentuk uang atau barang berupa makanan pokok.

Dani langsung berinisiatif menyisihkan uang jajannya. Dewi lebih memilih memberikan makanan pokok dan Made memilih menyumbangkan uang dan makanan pokok.

1. Menurutmu, apakah yang telah mereka lakukan itu mencerminkan penerapan dari makna sila-sila Pancasila? Apa alasan dari jawabanmu?

Jawaban: Menurut saya, iya. Apa yang mereka lakukan telah mencerminkan penerapan Pancasila dalam sila kesatu dan kedua.

Mereka berakhlak mulia dengan kepedulian kepada sesama melalui memberikan sumbangan kepada korban kebakaran.

2. Jika kamu mendengar bencana atau musibah, baik di lingkungan sekitar maupun di wilayah Indonesia lainnya, apa yang akan kamu lakukan? Apa alasannya? Tuliskan jawabanmu dengan jelas!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat