androidvodic.com

Tahun Ini, Sekolah Murid Merdeka Akan Hadirkan 8 Sekolah yang Berlokasi di Gedung Gramedia - News

News - Sebagai bentuk dari pemerataan pendidikan yang berfokus kepada pengembangan kompetensi masa depan di Indonesia, tahun ini Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia berkolaborasi untuk menaungi sebanyak 8 Sekolah Murid Merdeka yang didirikan di aset properti Gramedia di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

8 sekolah ini merupakan awal dari kolaborasi dari Sekolah Murid Merdeka dan Kompas, di mana puluhan HUB lain akan dibangun bersama Gramedia selama 3 tahun ajaran ke depan.

Dengan bertambahnya Sekolah Murid Merdeka di lokasi-lokasi tersebut, terbuka lebar juga akses pendidikan berkualitas untuk anak-anak di Indonesia, pendidikan yang menyiapkan generasi future leaders yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Sekolah Murid Merdeka merupakan sekolah inovatif yang berfokus pada metode belajar blended learning yang mengkombinasikan praktik pendidikan konvensional (offline) dengan pendidikan berbasis digital (online) yang saat ini tersebar di 42 lokasi di seluruh Indonesia dari Medan hingga Bali.

Program Sekolah Murid Merdeka dibagi menjadi 6 kategori dengan tujuan pembelajaran yang disesuaikan pada tahapan perkembangan murid yaitu: Pengembangan Diri, Numerasi, Literasi, Sosial, Sains, dan Seni.

Di samping kurikulum dan program yang disuguhkan oleh Sekolah Murid Merdeka, bekerja sama dengan Gramedia dalam memanfaatkan aset-aset properti yang ada, diharapkan dapat mengakselerasi pemerataan pendidikan berbasis kompetensi masa depan bagi lebih banyak murid di Indonesia.

Gramedia yang sejak tahun 1970 telah ikut berperan aktif dalam mendidik anak bangsa dengan memberikan ragam literasi bagi pembaca, demi memperluas wawasan dan dibekali dengan pemahaman konsep dalam praktik sehari-hari merupakan syarat penting untuk mengembangkan kompetensi masa depan.

Di sisi lain, Sekolah Murid Merdeka hadir sebagai sekolah yang bertujuan untuk membentuk kompetensi masa depan, yang salah satunya adalah menjadikan ragam literasi yang dihadirkan oleh Gramedia menjadi lebih bermakna untuk bekal praktik sehari-hari.

Kolaborasi Gramedia dan Sekolah Murid Merdeka untuk hadirkan 8 Sekolah Murid Merdeka di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.
Kolaborasi Gramedia dan Sekolah Murid Merdeka untuk hadirkan 8 Sekolah Murid Merdeka di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. (Gramedia)

Dengan komitmen yang sama antara Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia dalam meningkatkan pemahaman kontekstual melalui ragam literasi, diwujudkan dengan pembukaan Sekolah Murid Merdeka di beberapa lokasi gedung Gramedia yang diharapkan dapat menjadi fasilitas tambahan yang berguna bagi kawan murid Sekolah Murid Merdeka dalam meningkatkan pemahaman kontekstual dengan ragam literasi lengkap yang ada di Gramedia.

Selain itu dengan beberapa kegiatan seperti Jelajah Buku yaitu kegiatan awal dari BaDiBu (Baca Diskusi Buku) yang merupakan program literasi Sekolah Murid Merdeka.

Kegiatan Jelajah Buku bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat membaca kawan murid, meningkatkan kecintaan kawan murid terhadap buku bacaan sebagai salah satu sumber pembelajaran, membentuk karakter kawan murid yang literat dan kritis dalam memilah informasi.

Bukti nyata yang dilakukan oleh Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia dalam meningkatkan pemahaman kontekstual dengan ragam literasi tersebut dipublikasikan dalam kegiatan acara Press Conference dan Art Exhibition pada Senin, 5 Februari 2024.

Dengan agenda signing ceremony, pemaparan dari Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia, Q&A session dengan media, serta Art Exhibition dari Kawan Murid Sekolah Murid Merdeka.

“Kolaborasi ini merupakan kolaborasi untuk pendidikan, membuka akses dan merupakan praktik baik, demi meningkatnya pemahaman kontekstual melalui ribuan ragam literasi yang dimiliki oleh Gramedia,” papar Founder Sekolah Murid Merdeka, Najeela Shihab. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat