androidvodic.com

Jawaban Apa Inspirasi Baru yang Anda Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut? Soal PMM Kepala Sekolah - News

News - Inilah jawaban dari pertanyaan Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?

Pertanyaan ini muncul dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) saat mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut sebagai Pegawai.

Dokumen Refleksi Tindak Lanjut merupakan tahapan akhir setelah kepala sekolah mengisi Dokumen Persiapan, sudah melaksanakan observasi oleh atasan (dalam hal ini pengawas), dan mengisi Dokumen Tindak Lanjut.

Dalam Formulir Refleksi Tindak Lanjut bagian Pilihan Belajar, ada beberapa pertanyaan yang wajib dijawab kepala sekolah.

Jawaban di bawah ini bisa menjadi panduan untuk bapak/ibu kepala sekolah saat mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut bagian Pilihan Belajar.

Formulir Refleksi Tindak Lanjut

Pilihan Belajar

1. Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?

Jawaban: Saya mendapatkan inspirasi untuk menerapkan pemahaman tentang visi misi yang sudah saya ikuti selama pelatihan mandiri.

Diskusi bersama guru, rekan sejawat, dan atasan ternyata juga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Kolaborasi dengan warga sekolah melalui kesepakatan, memberi kesempatan untuk belajar dari pengalaman mereka dalam menerapkan visi misi sekolah, bisa memperkaya praktik saya dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman, nyaman, menyenangkan, inklusif dan berpusat pada murid.

Alternatif jawaban:

Inspirasi yang saya dapat dari pelaksanaan tindak lanjut di antaranya:

  • Setiap guru memiliki progres pencapaian yang berbeda-beda, sehingga perlu memberi motivasi yang berbeda pula.
  • Untuk mengetahui progres pencapain dari setiap guru, bisa melalui observasi secara random sehingga bisa mengetahui kondisi kelas yang sebenarnya.
  • Setiap guru dengan progresnya masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Bila mereka bisa saling melengkapi maka bisa menjadi lebih baik.
  • Forum komunitas belajar sekolah juga merupakan tempat yang baik untuk memunculkan ide-ide baru.
  • Komunitas belajar juga dapat mengembangkan kompetensi guru secara konsisten dan gratis.

Baca juga: Jawaban PMM, Berdasarkan Inspirasi yang Anda Dapatkan, Apa Perubahan Praktik Anda di Ruang Kelas?

Alternatif jawaban: Dengan membangun kerjasama yang baik serta berkolaborasi dengan warga sekolah terutama guru, meminta saran, dan masukan dari komite sekolah serta pengawas, maka saya mengetahui apa yang kurang dari diri saya.

Saya juga berusahan memperkaya ilmu sehingga ke depan saya terus bisa membangun kolaborasi.

Tujuannya agar program sekolah berjalan lancar dan mudah sehingga menjadikan sekolah yang berkualitas dan sesuai yang dicita-citakan, yang tentunya berdampak pada murid.

*) Disclaimer: Contoh jawaban dalam artikel ini hanya sebagai referensi Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk menghadapi pertanyaan terkait di Platform Merdeka Mengajar.

(News/Sri Juliati)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat