androidvodic.com

Kolaborasi Universitas Terbuka dan BTN: Dukung Mahasiswa Gali Pengalaman Kerja di Dunia Perbankan - News

News - Mahasiswa, yang dikenal dengan semangat tinggi mereka, memiliki potensi yang begitu besar dan diharapkan dapat memberi energi baru di dunia kerja ketika mereka telah lulus nanti. 

Guna memaksimalkan potensi tersebut, Universitas Terbuka (UT) bersama Bank Tabungan Negara (BTN) mengumumkan kerja sama dalam pelaksanaan program magang Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM). 

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sendiri merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sejak 2020 lalu. 

Program ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi besar mahasiswa Indonesia, memberikan mereka kesempatan untuk belajar langsung di berbagai dunia industri, mengembangkan keterampilan praktis, serta meningkatkan kesiapan mereka menghadapi tantangan nyata di masa depan. 

Sebagai komitmen penuh dalam mendukung program pemerintah tersebut, Universitas Terbuka melalui kerja sama dengan BTN bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja nyata, tepatnya melalui kesempatan magang di industri perbankan. 

Kolaborasi di antara kedua belah pihak diresmikan lewat penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UT dengan BTN oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis, Rahmat Budiman, Ph.D. dari UT dan Kepala Learning Management Division Bank BTN, Ade Surya Lesmana di Wisma 2, ruang Rasamala Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Kamis (27/6/2024).  

“Pada kesempatan ini, saya sangat bangga mengumumkan bahwa Universitas Terbuka telah menjalin kerja sama dengan  BTN, sebuah lembaga keuangan yang terkemuka di Indonesia,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Terbuka, Dr. Mohamad Yunus, M.A., dalam sambutannya pada saat acara Sosialisasi kerja Sama UT dan BTN. 

“Kerja sama ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja yang nyata di dunia perbankan, memahami dinamika kerja di sektor keuangan, serta mengembangkan keterampilan profesional yang sangat dibutuhkan di era globalisasi,” sambungnya. 

Baca juga: Atmosfer Keseruan Penutupan NUDC 2024, UT Terima Penghargaan dari BPTI

Lebih lanjut, program magang bersama BTN ini memang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif agar dapat meningkatkan kompetensi serta mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja dengan lebih percaya diri. 

“Mahasiswa akan terlibat langsung dalam berbagai aktivitas perbankan, mulai dari pelayanan nasabah, analisis kredit, manajemen risiko, hingga strategi pemasaran. Melalui program ini, kami berharap mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi, memperluas jaringan profesional, dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan lebih percaya diri,” tambah Dr. Mohamad Yunus, M.A.

Komitmen UT mendukung program MBKM

Universitas Terbuka (UT) yang juga sudah berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), berkomitmen penuh untuk mendukung dan memastikan mahasiswa mendapatkan manfaat maksimal dari program MBKM ini. 

Sejak semester 2021/22.2 (2022.1), kebijakan MBKM ini pun telah diterapkan di seluruh program studi di UT. Dengan memperhatikan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia Nomor 210/M/2023 terkait IKU 1.2 yaitu persentase mahasiswa S1 dan D4/D3/D2 yang menghabiskan paling sedikit 20 (dua puluh) sks di luar kampus.

Skema Program MBKM di UT antara meliputi Pertukaran Pelajar Magang/Praktik Kerja Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Asistensi Mengajar Kewirausahaan Proyek Kemanusiaan Studi/Proyek Independen. 

Baca juga: UT Jadi Tuan Rumah NUDC 2024: Upaya Mencetak Talenta Unggul Menyongsong Indonesia Emas 2045

Melalui program ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi yang sangat diperlukan di era industri 4.0.  

Ke depannya, UT juga terus mendorong inisiasi kerja sama dengan berbagai mitra industri, lembaga penelitian dan institusi pendidikan lainnya untuk menyediakan fasilitas bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja nyata. 

Acara sosialisasi kerja sama dengan BTN ini turut dihadiri oleh para Wakil Rektor, Para Dekan, Ketua LPPM, Dosen, dan mahasiswa yang sangat antusias dalam menyambut peluang baru tersebut.

Para mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan perwakilan dari BTN mengenai berbagai aspek program magang dan manfaat yang dapat mereka peroleh.

Baca juga: UT Rayakan Dies Natalis ke-40, Tak Gentar Perluas Akses Pendidikan Berkualitas dengan Biaya Murah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat