androidvodic.com

Jawaban PMM, Bagaimana Perwujudan ‘Menuntun’ yang Saya Lihat dalam Sosial Budaya di Daerah Saya? - News

News - Bagaimana perwujudan ‘menuntun’ yang saya lihat dalam konteks sosial budaya di daerah saya? Perubahan konkret apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkannya? Berikut ini contoh jawaban soal Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/Ibu Guru mungkin akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika menjawab soal di PMM.

Pada soal tersebut, Bapak/Ibu Guru diminta untuk menulis jawaban yang sesuai dengan pendapat masing-masing.

Contoh jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat mengisi PMM.

Dengan PMM, Bapak/Ibu Guru dapat memperoleh referensi mengajar, menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Bagaimana perwujudan ‘menuntun’ yang saya lihat dalam konteks sosial budaya di daerah saya? Perubahan konkret apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkannya?

Jawaban:

Berikut ini beberapa perwujudan 'Menuntun' yang saya lihat dalam sosial budaya di daerah saya dan cara mewujudkannya:

1. Memberi Teladan Positif:

Saya harus menjadi teladan yang baik dalam tindakan dan perilaku. Misalnya, dengan mempraktikkan nilai-nilai seperti kerja keras, kejujuran, kesopanan, dan empati dalam interaksi sehari-hari.

Baca juga: Jawaban PMM, Hal Apa yang Sebaiknya Anda Lakukan untuk Mendorong Siswa Berani Mengambil Risiko?

2. Mengedukasi dan Membimbing:

Saya harus membantu orang lain untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Saya bisa melakukannya dengan memberikan pelatihan, workshop, atau bahkan dengan menjadi mentor bagi mereka yang membutuhkan bimbingan.

3. Menggalang Partisipasi Masyarakat:

Saya akan mengajak orang lain untuk ikut serta dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti kegiatan sosial, pembersihan lingkungan, atau kampanye kebersihan.

4. Mendukung Pendidikan dan Pembangunan:

Saya mendukung inisiatif-inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan pembangunan di daerah saya. Misalnya, dengan mengadvokasi pentingnya pendidikan formal atau non-formal bagi anak-anak dan dewasa.

5. Memperkuat Nilai-nilai Lokal:

Saya sangat mengapresiasi terhadap budaya lokal dan nilai-nilai tradisional dapat menjadi landasan yang kuat dalam membangun solidaritas sosial dan rasa kebersamaan di komunitas saya.

6. Menggalakkan Keterlibatan Generasi Muda:

Saya akan mendorong partisipasi generasi muda dalam kegiatan yang positif dan progresif untuk mengembangkan kepemimpinan mereka dan menghargai nilai-nilai sosial.

7. Membangun Jaringan Kolaboratif:

Saya akan bekerja sama dengan organisasi lokal, lembaga pemerintah, atau komunitas lainnya untuk menciptakan efek positif yang lebih besar dalam mewujudkan perubahan sosial yang diinginkan.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru menghadapi pertanyaan serupa di Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu Guru dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(News/Yunita Rahmayanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat