androidvodic.com

Jawaban, Apa Konsekuensi Logis dari Diagram Identitas Gunung Es pada Peran sebagai Guru Penggerak - News

News - Inilah jawaban: Apa konsekuensi logis dari diagram identitas gunung es pada peran saya sebagai Guru Penggerak dalam transformasi pendidikan?

Pertanyaan itu muncul pada saat bapak/ibu guru mengerjakan tugas C Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 - Bagaimana Menggerakkan Manusia: Menuntun Kekuatan Kodrat Manusia dalam Pendidikan Guru Penggerak (PGP).

Jika bapak/ibu calon guru penggerak (CGP) mengalami kesulitan, dapat menggunakan artikel di bawah ini sebagai panduan dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Pertanyaan: Apa konsekuensi logis dari diagram identitas gunung es pada peran saya sebagai Guru Penggerak dalam transformasi pendidikan?

Jawaban: Konsekuensi logis dari diagram identitas gunung es pada peran saya sebagai Guru Penggerak adalah dengan pemahaman yang lebih baik tentang identitas siswa, saya dapat merancang kurikulum yang lebih relevan dan menarik.

Selain itu juga membantu guru penggerak dapat mengukur kinerja siswa tidak hanya berdasarkan pencapaian akademis mereka. Namun juga perkembangan para siswa dalam hal kompetensi sosial, keterampilan emosional, dan pengembangan diri pribadi.

Jawaban alternatif: Adanya pertumbuhan karakter yang dapat mengoptimalkan tercapainya tujuan pendidikan sebagai tuntunan yang mengarahkan pada keselamatan dan kebahagiaan murid.

Untuk menumbuhkan karakter, dua lingkungan itu biasa disebut pengkondisian dan pembiasaan baik lingkungan fisik maupun psikis.

Jawaban alternatif: Guru penggerak perlu mengadaptasi pendekatan dan metode pengajaran yang lebih baik.

Guru penggerak juga dapat menggali lebih dalam nilai-nilai keyakinan, sikap siswa, dan rekan untuk memahami dan mengatasi berbagai tantangan yang akan muncul.

Langkah lainnya, guru penggerak dapat mengembangkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan yang lebih baik untuk memotivasi siswa dan rekan sejawat agar dapat menjadi contoh atau teladan dalam mencapai tujuan pendidikan.

Jawaban alternatif: Konsekuensi logis diagram identitas gunung es pada peran saya sebagai guru penggerak adalah sebagai penuntun dan penebal garis-garis samar karakter yang tidak tampak pada siswa. Sehingga dengan keberhasilan mewujudkan identitas gunug es, diharapkan transformasi pendidikan bisa terjadi.

Baca juga: Jawaban: Apa Kaitan antara Diagram Identitas Gunung Es dengan Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila

Jawaban alternatif: Konsekuensi logis dari diagram Identitas gunung es dan peran sebagai guru penggerak adalah bagaimana seorang guru penggerak dapat memanfaatkan motivasi intrinsik dari siswa dan terus menumbuhkan karakter baik tersebut menjadi pola pembiasaan yang baik. Semua ini akan berkaitan dengan banyak pihak.

Apalagi dalam proses transformasi pendidikan, guru penggerak seharus menjadi bagian penting yang akan membawa proses transformasi itu dengan melibatkan banyak unsur di dalamnya. Bagaimana menjadikan siswa sebagai sumber inspirasi, menjadikan orang tua sebagai pendamping sekaligus guru dan fasilitator bagi anak-anaknya dan segenap rekan-rekan guru dan kepala sekolah serta masyarakat sekitar sebagai aset yang berharga dalam mensukseskan pengembangan Profil Pelajar Pancasila.

Konsistensi logis dari peran saya sebagai guru penggerak adalah secara total harus menunjukkan keteladanan yang baik dan membuat aturan serta mengikuti aturan yang telah ada dengan semangat yang konsisten pula agar proses pengembangan Profil Pelajar Pancasila dapat tercapai dengan baik.

Jawaban alternatif: Konsekuensi pada peran saya sebagai guru penggerak dalam transformasi pendidikan adalah harus dapat memainkan peran sebagai pemimpin perubahan di ekosistem sekolah.

Misalnya dengan mengembangkan diri sehingga dapat mengembangkan orang lain, berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk menumbuhkan karekter murid yang sesuai dengan profil pelajar pancasila.

*) Disclaimer: Contoh jawaban dalam artikel ini hanya sebagai referensi bapak/ibu calon guru penggerak saat mengerjakan tugas Eksplorasi Konsep – Modul 1.2.

(News/Sri Juliati)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat