androidvodic.com

Mal Outdoor Seperti Sarinah Diprediksi Akan Jadi Tren Baru Pusat Perbelanjaan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyebut pusat perbelanjaan atau mall berkonsep outdoor semacam Sarinah di Jakarta Pusat akan kian populer di masa mendatang.

Pusat perbelanjaan Sarinah sendiri usai kembali dibuka pada Maret 2022 lebih condong mengusung konsep mall terbuka dan menyajikan berbagai pertunjukan seni musik. 

Area terbuka seperti di Sarinah memberi ruang para pengunjung untuk berinteraksi dan menciptakan tren baru semacam Citayam Fashion Week.

Ketua Umum DPP APPBI Alphonzus Widjaja, mengatakan hal ini sejalan dengan keinginan para konsumen yang merasa lebih aman dan nyaman saat berada di mall dengan area terbuka.

"Selama pandemi pusat-pusat perbelanjaan yang berkonsep terbuka atau outdoor itu tingkat kunjungannya lebih tinggi daripada sebelum pandemi," ujarnya.

"Masyarakat memang kalau di wilayah terbuka atau outdoor merasa lebih nyaman dan aman, jadi sekarang tanya memang ke arah sana. Itu sekaligus langkah untuk menanggapi tren perubahan akibat pandemi," kata Alphon dalam konferensi pers Indonesia Shopping Festival 2022 di Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Bumame Kenalkan Layanan Kesehatan di Pusat Perbelanjaan

Alphon mengungkapkan saat in8 konsep pusat perbelanjaan terbuka memang tengah digemari oleh para pengelola.

"Sekarang banyak pusat-pusat perbelanjaan yang berusaha menerapkan konsep-konsep tersebut," ujarnya.

Baca juga: Pengunjung Pusat Perbelanjaan Diprediksi Naik 30 Persen Pasca Pelonggaran Pembatasan

Namun tidak semua pusat perbelanjaan bisa menerapkan konsep tersebut apalagi pusat perbelanjaan itu sudah terbangun atau didirikan sejak lama dan berada di kompleks gedung-gedung seperti di Kota Kasablanka.

"Saya kira itu menjadi tantangan tersendiri. Namun untuk pusat perbelanjaan yang akan dibangun umumnya sudah menerapkan konsep outdoor tersebut," terangnya.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat