androidvodic.com

Progres Pembangunan Rumah Jabatan Menteri di IKN 39 Persen, Konsepnya Klasik dan Modern - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan progres pembangunan rumah tapak untuk para menteri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah mencapai 39 persen.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, ditargetkan pembangunan ini rampung pada pertengahan 2024.

"Progres pembangunan rumah jabatan menteri sudah 39 persen. Semua ruang sudah terbangun (fisiknya)," ungkap Iwan dalam Pameran Konstruksi Indonesia di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Desain rumah jabatan menteri di IKN terdiri dari 2 konsep yakni bertema klasik dan tema modern. "Kita siapkan nanti beberapa alternatif desainnya juga, ada yang klasik ada yang modern," papar Iwan.

Pemerintah mengupayakan furnitur atau perabot di rumah jabatan menteri berasal dari produk-produk dalam negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Iwan juga menjelaskan, Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Rumah Susun (Rusun) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Pertahanan Keamanan (Hankam) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, dapat rampung pada akhir 2024.

Untuk saat ini pembangunan tower rusun tersebut baru dimulai pengerjaan pondasi. "Saat ini sedang proses finalisasi desain, kemudian kaitan dengan persetujuan karena bangunan di atas 8 lantai, itu juga butuh proses pengkajian," ucap Iwan.

Iwan melanjutkan, untuk desain eksterior dan interior rusun belum difinalkan, alias masih akan dikembangkan lagi.

Baca juga: Bangun PLTS di IKN, Jokowi: Saya Minta Kabelnya Tidak Kelihatan Mata

Kementerian PUPR menegaskan pihaknya membuka ruang untuk siapa pun yang ingin memberikan masukkan atau kritik terkait desain rusun ASN-Hankam yang dimaksud.

"Momentum yang baik ini sebetulnya untuk kita bisa mendapatkan masukkan dibahas juga dengan pakar, tapi kan selera pasar atau masyarakat kan saya juga mendengar. Kalau ada kritik ya monggo," pungkasnya.

Baca juga: Ditargetkan Rampung Tahun Depan, Ini Progres Pembangunan 47 Tower Rusun ASN-Hankam di IKN

Rusun ASN-Hankam berlokasi tersebar di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan IKN sub-WP 1A dengan total lahan seluas 45,91 hektare.

Masing-masing tower dibangun setinggi 12 lantai terdiri dari lantai 1 dan 2 dimanfaatkan untuk podium fasos/fasum (fitness, public space, dan sebagainya), sedangkan 10 lantai sisanya untuk hunian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat