androidvodic.com

Satgas Covid-19 Ajak lakukan Beberapa Hal Berikut untuk Persiapan Sambut Hari Raya Idul Fitri - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Masyarakat perlu senantisa berusaha tetap sehat dan bugar selama periode bulan ramadan. Hal disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Tubuh tetap sehat dan bugar bisa tercapai menjalani perilaku bersih dan sehat. Selain itu perlu dibarengi dengan kepatuhan tinggi dan menjalankan kebijakan Covid-19.

"Dengan ini kemenangan hari raya Idul Fitri yang aman dan khitmad dapat tercapai. Perlu digaris bawahi periode Ramadan saat ini dan pasca Idul Fitri nanti, prokes harus tetap jadi prioirtas dalam menjalankan aktivitas," ungkapnya pada konferensi pers virtual, Selasa (19/4/2022).

Selain itu ia mengingatkan jika walau kasus yang melandai, tali virus Covid-19 tidak sepenuhnya hilang. Pandemi pun belum berakhir hingga saat ini.

Baca juga: Rincian Aturan Pemerintah dalam Mudik Idul Fitri 2022

Di bulan Ramadan umat islam menjalankan rutinitas ritme yang berbeda dari 11 bulan lainnya. Oleh karena itu diperlukan penyesuaian dalam beraktivitas demi tubuh sehat.

Wiku pun menyebutkan perilaku yang harus dilakukan antara lain mengusahakan tidur yang cukup, sekitar 8 jam perhari orang dewasa.

Kemudian masyarakat diminta cermat memilih waktu tidur di tengah runitias ibadah dan aktivitas di siang hari. Agar kebutuhan tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Tetap terhidrasi walau berpasa dengan memenuhi kebutuhan 8 gelas air putih. Konsumsi air saat berbuka dan sahur secara bertahap.

Baca juga: Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG di Solo Raya Aman Selama Ramadan dan Idul Fitri

Penuhi kebutuhan dehidrasi tubuh dari asuan lainnya seperti buah dan hindari konsumsi minum berkafein. Selain itu perlu mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Hindari kadar gula dari pangan olahan dan siap saji karena umumnya cepat membuat lapar. Serta kontrol konsumsi garam karena cepat membuat rasa haus saat berpuasa.

"Selain itu memadatkan aktivitas di awal hari agar tidak terlalu letih sebelum berbuka. Tetap aktif berolahraga, dan lakukan aktivitas ringan untuk menghindari lesu fisik," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat