androidvodic.com

Tanggal Berapa Lebaran Tahun 2022? Ini Ketentuan Pelakasanaan Idul Fitri Sesuai Aturan Kemenag - News

News - Setelah satu bulan berpuasa, umat Islam akan segera bertemu dengan lebaran Idul Fitri sebagai hari kemenangan umat Islam.

Lebaran biasanya dirayakan setelah ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk atau tanggal 1 Syawal 1443 H ditetapkan.

Lalu tanggal berapa lebaran tahun 2022 berlangsung?

Untuk menetapkan jatuhnya tanggal 1 Syawal 1443 H atau hari pertama lebaran Idul Fitri, Kementerian Agama Republik Indonesia akan menggelar sidang isbat.

Sidang Isbat digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) di Auditorium HM Rasjidi Kementeran Agama, dan akan diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag pada Minggu, 1 Mei 2022 petang. 

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menjelaskan, sidang isbat digelar untuk mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Baca juga: Lebaran 2022 Tanggal Berapa? Ini Jadwal Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H

Baca juga: Kemenag: Secara Hisab, Posisi Hilal di Indonesia saat Isbat Awal Syawal Sesuai Syarat MABIMS

Dikutip dari Kemenag.go.id, secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 M atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H. 

Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat," ucap Kamaruddin, Jakarta (18/4/2022). 

Kemenag akan menggelar rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, kemungkinan Hari Raya Idul Fitri pemerintah dan Muhammadiyah akan jatuh pada tanggal yang sama, yakni pada Senin, 2 Mei 2022.

Ia menjelaskan, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat.

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," ucap Kamaruddin.

Dikutip dari muhammadiyah.or.id, pihak Muhammadiyah juga telah resmi menetapkan bahwa 1 Syawal jatuh pada tanggal 2 Mei 2022.

Hal ini sesuai dengan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

Baca juga: Kapan Lebaran 2022? Ini Penjelasan Kementerian Agama dan Jadwal Sidang Isbat

Baca juga: H-6 Lebaran: Stasiun Pasar Senen Mulai Ramai Dipadati Pemudik Sejak Pagi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat