androidvodic.com

Bacaan Takbir Idul Fitri 1443 H dan Artinya, Dilengkapi Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri - News

News - Inilah bacaan takbir yang dapat diucapkan sebelum sholat Idul Fitri atau malam Lebaran 2022, dilengkapi niat dan tata cara sholat Idul Fitri.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenang) RI akan menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah hari ini, Minggu (1/5/2022).

Melalui sidang Isbat, maka akan diketahui kapan Hari Raya Idul Fitri, apakah jatuh pada 2 Mei atau 3 Mei 2022. 

Sementara itu, berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H akan jatuh pada hari Senin (2/5/2022).

Baca juga: Amalan Sunah sebelum Shalat Idul Fitri, Menggunakan Pakaian Terbaik dan Memakai Wewangian

Dikutip dari situs resmi Muhammadiyah, Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto mengimbau agar pelaksanaan Salat Idul Fitri dan perayaan ibadah lain dapat dilakukan secara khusyu’.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah menghimbau agar Salat Idul Fitri dan segenap rangkaiannya, seperti takbiran, pelaksanaan zakat fitrah, dan lain sebagainya dapat diselenggarakan dengan khusyu’ dan seksama,” kata Agung, beberapa waktu lalu.

Seluruh pelaksanaan rangkaian perayaan ibadah pada Idul Fitri 1443 H, lanjut Agung, harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan (prokes) covid-19.

Sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri, berdasarkan Buku Panduan Muslimah oleh Ust. M. Syukron Maksum, ada beberapa hal yang diSunahkan.

Di antaranya membaca takbir, mandi dan berhias, serta makan terlebih dahulu.

Bacaan Takbir Idul Fitri:

Dikutip dari lppl.bojonegorokab.go.id, berikut inibacaan takbir dalam tulisan Arab, latin dan artinya:

Versi Pendek

Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar. Allaahu akbar walillaahil hamd.

Artinya: “Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat