androidvodic.com

Kemenag: Hasil Sidang Isbat akan Tetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Jatuh pada 2 atau 3 Mei 2022 - News

News - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Idul Fitri 1 Syawal 1443 H hari ini, Minggu (1/5/2022).

Dalam Sidang Isbat, akan diputuskan Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun ini jatuh pada 2 Mei atau 3 Mei 2022. 

Sidang Isbat akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta dan diikuti secara daring oleh sejumlah perwakilan dari lokasi lain.

Melalui Sidang Isbat, masyarakat akan mengetahui kapan Lebaran 2022 berdasarkan keputusan pemerintah.

Baca juga: Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dalam Tulisan Arab dan Latin Lengkap dengan Artinya

Menurut Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, sidang Isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 M atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H. 

“Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat," ucapnya, dikutip News dari Kemenag.go.id, Minggu (1/5/2022).

Adapun sidang Isbat apda petang ini, akan diawali Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag

Sementara itu, kata Kamaruddin, awal Syawal 1443 H menunggu hasil rukyatul hilal.

“Kemenag akan menggelar rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain,” tuturnya.

“Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Syawal 1443 H,” lanjut Kamaruddin.

Baca juga: Amalan Sunah sebelum Shalat Idul Fitri, Menggunakan Pakaian Terbaik dan Memakai Wewangian

Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443 H

Sidang Isbat (penetapan) Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H akan digelar hari ini, Minggu (1/5/2021).

Pelaksanaan sidang Isbat diawali penjelasan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat