androidvodic.com

Masjid Istiqlal Jadi Satu-satunya Masjid yang Dilengkapi Metaverse - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan dalam Ramadan 1444 Hijriah tahun ini, Masjid Istiqlal dilengkapi dengan metaverse.

Hal ini menjadikan Masjid Istiqlal sebagai satu-satunya masjid yang menerapkan metaverse, bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia.

"Semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Istiqlal itu live melalui TV Istiqlal, melalui Youtube, bahkan kita sampaikan bahwa penampilan tahun ini kita lengkapi Istiqlal dengan metaverse, sehingga Istiqlal-verse," kata Nasaruddin Umar dalam tayangan Kompas TV, Kamis (23/3/2023).

"Satu-satunya masjid di dunia ini, seingat saya tidak ada atau belum pernah ada masjid yang menggunakan metaverse selain Istiqlal ini," lanjutnya.

Baca juga: Masjid Istiqlal Siapkan 700 Tempat Parkir untuk Tampung Jemaah Misa Natal 2022 di Gereja Katedral

Lewat metaverse, masyarakat luas dapat melihat secara dekat bentuk bangunan, lekukan-lekukan, hingga kegiatan peribadahan di Masjid Istiqlal secara langsung atau live.

"Seperti apa penampilan yang dilihat tadi, itu bisa kita lihat lekuk-lekuk Masjid Istiqlal bisa dilihat dengan sangat dekat," jelas dia.

Adapun dalam rangka memeriahkan kegiatan ibadah selama bulan suci Ramadan tahun ini, pihak Masjid Istiqlal telah menyiapkan sejumlah kegiatan.

Baca juga: Tak Ada Pembatasan, Masjid Istiqlal Bakal Gelar Salat Tarawih Kapasitas Penuh Ramadan Tahun Ini

Misalnya Masjid Istiqlal telah menyeleksi penceramah terbaik untuk mengisi ceramah tarawih, ceramah subuh, maupun ceramah setelah salat fardu seperti Zuhur dan Ashar.

Selain itu juga akan ditampilkan qori-qoriah terbaik Indonesia yang menjuarai event internasional maupun nasional musabaqah tilawatil quran.

"Insyaallah kita akan menampilkan orang-orang terbaik kita di kegiatan-kegiatan itu," kata Nasaruddin.

Sebagai informasi Masjid Istiqlal di Sawah Besar, Jakarta Pusat telah melalui tahap renovasi sejak dibangun pada 42 tahun silam.

Anggaran renovasi mencapai Rp511 miliar yang bersumber dari APBN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat